oleh

6.281 Kursi SMA Tak Terisi, Ini Rinciannya

radarlampung.co.id-Hasil pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA yang sudah diumumkan tak juga memenuhi kuota yang disediakan. Terbukti, sekitar 6.281 kursi SMA se Provinsi Lampung tidak terisi. Padahal, pendaftaran PPDB telah diperpanjang dua hari pada 25 dan 26 Juni lalu.

Operator PPDB SMA Disdikbud Lampung Ikhsan Tito menerangkan, jumlah SMA di Lampung ada 199 sekolah. Sedangkan daya tampung yang disediakan sebanyak 42.325 siswa. Sementara, total siswa yang diterima dari tiga jalur, zonasi, prestasi serta perpindahan tugas orang tua berjumlah 36.044 siswa.

“Jika dihitung, ada sekitar 6.281 kursi yang tidak terisi se provinsi Lampung. Memang karena sepi peminat, dan juga jarak sekolah yang jauh dari peminatnya,” katanya, Kamis (27/6).

Ia menjelaskan, beberapa wilayah di Lampung yang kuotanya tidak terpenuhi, seperti di Waykanan, Tulangbawang Barat, Pesawaran serta Lampung Tengah. Dan tersebar juga di wilayah Tanggamus, dan beberapa daerah.

Di Bandarlampung pun ada dua sekolah yang tidak terisi penuh, yakni SMA Negeri 6 Bandarlampung, dan SMA Negeri 13 Bandarlampung.

“Kalau di kedua SMA itu hanya kurang puluhan siswa, dan di kelas IPA. Di SMA Negeri 6 Bandarlampung ada 24 kursi kosong dari 179 kursi IPA yang disediakan. Sedangkan, di SMA Negeri 13 Bandar Lampung ada 28 kursi kosong yang tidak terisi dijurusan IPA dari 245 kursi IPA yang disediakan,” ungkapnya. (rur/wdi)



Komentar

Rekomendasi