oleh

Banyak Keunggulan Lampung jadi Poin Penting sebagai Ibu Kota Negara RI

radarlampung.co.id – Lampung Semakin Nyata Jadi Kandidat Ibu Kota Negara menjadi tema program Halo Lampung yang digelar Radar Lampung TV, Jumat (28/6).

Dalam dialog tersebut hadir inisiator Forum Group Discussion (FGD) DKI Lampung Andi Desfiandi dan Ginta Wiryawan, yang sebelumnya juga hadir dalam diskusi nasional di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yang juga menyinggung soal Lampung menjadi satu dari empat daerah yang layak untuk menjadi Ibu Kota baru Negara Republik Indoinesia (RI)

Ginta menyebut, hal ini karena Lampung terbilang lengap untuk sosiokultural. “Lampung terbuka setiap kultur yang masuk dan masyarakat Lampung selalu welcome. Kemudian sumber material kita punya, pabrik semen sudah ada lima, pasir melimpah, batu apalagi sehingga efisiensi infrastruktur dapat dilakukan. Jadi banyak kelebihan Lampung yang diunggulkan,” kata Ginta dalam kesempatan itu.

Hal inilah yang harusnya, lanjut Ginta, dapat dipikirkan. Sebab ke depan dampak positifnya yang luar biasa. “Kemudian dari beberapa kriteria calon Ibu Kota negara, di daerah lainnya memang saya lihat Lampung paling unggul. Hanya poin satu yang sedikit belum pas terkait sentries Indonesia, hanya disitu permasalahannya meskipun bisa diantisipasi biaya transport yang murah. Sementara lainnya, yang tidak boleh lahan gambut, tidak boleh ada kebakaran hutan, poin lainnya juga jangan merusak paru-paru dunia,” tambahnya.

Sementara itu, Andi Desfiandi, inisiator FGD DKI Lampung Andi Desfiandi menambakan, keinginan pemindahan Ibu Kota ke Lampung bukan hanya untuk kepentingan masyarakat Lampung, namun juga untuk kepentingan NKRI.

Jika kelak Lampung menjadi lokasi ibukota Negara yang baru, Andi menilai Lampung juga memiliki banyak keuntungan. “Nantinya perekonomian akan tumbuh, kemudian lapangan pekerjaan akan terbuka lebih banyak, anggaran yang masuk untuk perbaikan Lampung pun lebih banyak,” papar Andi.

Terlebih saat ini, baik tokoh Lampung atau berbagai pihak telah banyak memberikan dukungannya untuk menjadikan Lampung sebagai Ibu Kota Negara RI. “Sejauh ini ucapkan terimakasih segala pihak yang mengusung baik tokoh nasional termasuk Pak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang sudah terbuka pada dukungan Lampung menjadi Ibu Kota Negara,” tandas Andi. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi