oleh

Komoditas Penyumbang Inflasi Tertinggi di Kota Metro

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Metro menyebutkan ada beberapa komoditas penyumbang inflasi sangat tinggi.

Namun, Asisten II Yerri Ehwan menyebut inflasi dalam dua bulan terakhir mengalami penurunan. Pada bulan April turun sebesar 0,52 persen, sedangkan pada bulan Mei mengalami penurunan menjadi 0,49 persen.

Menurutnya, ada beberapa komoditas sebagai penyumbang inflasi sangat tinggi yaitu kelompok tanaman holtikultura, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, dan bayam. Serta, biaya tarik angkutan kota dan biaya tarik pengobatan.

“Tingkat inflasi di Kota Metro relatif tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Bila dilihat, Inflasi Mei 2019 Kota Metro peringkat diurutan ke-19 untuk bagian pulau Sumatera, sedangkan di tingkat Nasional peringkat ke-21 pada bulan April,” ujarnya, Jumat (28/6).

Disisi lain, Staf Ahli Dian Christini menambahkan bahwa Kota Metro bukan daerah produsen melainkan konsumen yang tidak memiliki hasil tanaman bawang dan cabai. “Kota Metro 99 persen konsumen jadi, ketika harga komoditas naik pasti kita inflasi naik,” pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, dalam pengendalian inflasi untuk Juni 2019, TPID Kota Metro telag melakukan rapat koordinasi. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi