oleh

Lestarikan Adat, Tubaba Bangun Rumah Tenun Tapis

radarlampungco.id-Pelestarian bangunan tradisional masyarakat asli pribumi Lampung jadi perhatian Pemkab Tulangbawang Barat. Di lahan milik Pemkab Tubaba wilayah calon Kota Uluan Nurghik, Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, telah berdiri rumah tenun tapis.

“Kain Tapis merupakan kain tradisional yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat atau ketika menghadiri acara-acara formal,” kata Bupati Tubaba Umar Ahmad Minggu (30/6).

Karenanya, Pembangunan Rumah Tenun Tapis di Kota Uluan Nughik tersebut diharapkan dapat menjadi generator pengembangan kawasan wisata alam berbasis budaya.

” Pengembangan kawasan wisata ini meliputi bangunan-bangunan penunjang seperti bangunan pusat informasi dan budaya, jembatan budaya, rumah-rumah adat, gardu pandang, pusat cinderamata, dan juga rumah tenun Tapis,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas PUPR Tubaba Iwan Mursalin. Menurutnya dalam pembangunan tersebut, memiliki konsep dengan mengumpulkan beberapa bangunan tradisional Lampung yang sudah pernah berdiri puluhan hingga ratusan tahun dan kembali didirikan pada satu lokasi khusus di Tubaba.

“Seluruh bangun rumah tradisional masyarakat Lampung yang didapat dari berbagai daerah dipindahkan ke Tubaba dan diperbaiki, itu material kayu jaman bebuyutan kita orang Lampung yang sudah ratusan tahun, sehingga nantinya kawasan tersebut dijadikan berbagai pusat aktivitas yang memiliki sejarah kehidupan orang Lampung.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi