oleh

DPRD Tekankan Efisiensi Beban Anggaran 

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Lampung mengaku bakal mencari solusi penanganan beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung tahun 2019.

Sekretaris Komisi V DPRD Lampung Elly Wahyuni mengatakan, ada beberapa hal yang harus didorong dalam penyehatan APBD Lampung 2019. Salahsatunya adalah penguatan serapan anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Yang pertama kita akan dorong serapan anggaran di masing-masing OPD, khususnya mitra komisi V, ” ujarnya, Senin (1/7).

Elly melanjutkan, saat ini masih menunggu laporan realisasi anggaran OPD mitra Komisi V. Di mana, yang baru memberikan laporan hanya Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung. Di mana, hingga triwulan II 2019, dari total anggaran Rp134 miliar baru terserap 23,64 persennya saja.

“Sementara untuk di triwulan II, harusnya kan rasionya sudah sampai 50 persen, “katanya.

Seharusnya, sambung dia hari ini (1/7) merupakan agenda rapat dengar pendapat (RDP) bersama beberapa OPD mitra komisi V, di antaranya Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Seharusnya kita bahas hari ini. Tapi, kita jadwalkan ulang besok,” kata dia.

Dia mengatakan dalam RDP nanti akan mencari tahu apa sebenarnya yang menyebabkan serapan anggaran rendah. Jika memang tidak ada solusi untuk mem-push program yang sudah berjalan di APBD murni, dia menyarankan untuk ditata ulang di APBD Perubahan.

“Kita mendorong agar APBD ini sehat. Kita lihat, kita tata di perubahan. Jika memang ada yang perlu diefisiensi ya diefisiensikan,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut Elly juga menyarankan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi agar menempatkan pejabat, khususnya di level Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dengan orang yang berkualitas.

“Agar komunikasi dengan legislatif juga bisa berjalan. Berbicara Pemerintah Daerah ini kan tidak hanya Eksekutif, tapi juga Legislatif. Tentunya harus bersinergi,” kata dia. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi