oleh

Dukungan Ibukota RI Pindah ke Lamtim Terus Mengalir

radarlampung.co.id-Wacana Provinsi Lampung menjadi alternatif lokasi pemindahan Ibukota Republik Indonesia mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menyiapkan sejumlah lokasi bila rencana pemindahan Ibukota Republik Indonesia dari Jakarta ke Lampung mendapat persetujuan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Lampung itu berkembang pada diskusi nasional II di Bappenas Jakarta, Rabu (26/6) lalu.

“Bila rencana itu terwujud, maka Lamtim merupakan lokasi yang tepat sebagai calon Ibukota negara Republik Indonesia,” jelas Zaiful didampingi Kapolres Lamtim AKBP Taufan Dirgantoro serta Dandim 0429 Letkol Prabowo usai mengikuti Gowes Bareng dalam rangka memperingati hari ulang tahun Bhayangkara ke 73, Minggu (30/6).

Dukungan terhadap wacana pemindahan Ibukota ke Lamtim juga mengalir dari DPRD Lamtim. Sebagaimana diungkapkan Sudibyo dari Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Lampung Timur, Senin (1/7).

Menurutnya, Provinsi Lampung terutama memang sangat potensial menjadi lokasi pemindahan ibukota negara. Baik itu dari lokasi yang strategis, sumber daya alam maupun sosial kemasyarakatannya.  Sudibyo juga berharap bila Lampung yang dipilih, maka lokasi yang tepat adalah wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Sebab, masyarakat Lampung Timur sangat terbuka menerima pendatang. Selain itu, di wilayah Lampung Timur masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk lokasi pemindahan ibukota negara. “Sebagian besar wilayah Lampung Timur topografinya datar dan memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Sehingga sangat cocok dijadikan lokasi ibukota negara,” terang Sudibyo.

Potensi lain, Lamtim juga memiliki kawasan laut yang potensial menjadi dermaga penyebrangan menuju Pulau Jawa. Bahkan, sejak beberapa tahun lalu Lamtim telah memiliki lahan di Kecamatan Labuhanmaringgai milik pemerintah daerah untuk dijadikan lokasi dermaga penyebrangan. “Kami akan sangat bangga bila Lamtim yang menjadi lokasi pemindahan ibukota negara,”jelas Sudibyo.

Dukungan senada diungkapakan Purwianto dari Fraksi Gerindra. Menurutnya, bila Lamtim menjadi lokasi pemindahan ibukota negara, maka akan berdampak positif terhadap pembangunan dan perekonomian masyarakat. “Tanpa mengecilkan potensi kabupaten/kota lain di Lampung. Kami sangat mendukung bila Lamtim yang dipilih menjadi lokasi pemindahan ibukota negara,”terang Purwianto. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi