oleh

Warga Bumi Sari Minta Pilkades Ulang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sejumlah warga mendatangai kantor Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Senin (1/7). Hal tersebut lantaran meminta aparat desa untuk melakukan pemugutan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Kades Bumi Sari yang digelar di balai desa setempat, Rabu (26/6).

Diketahui, dalam PSU tersebut, sebanyak 460 orang tidak bisa menyalurkan hak suaranya.

Dalam pertemuan bersama camat, perwakilan warga, Tulus Yadi meminta agar seluruh warga yang belum menyoblos, bisa menyalurkan hak suaranya melalui PSU. Dia juga meminta jika dilaksanakan PSU, tidak dilakukan di Balai Desa, tetapi di Kantor Kecamatan Natar.

“Kami menduga pilkades tidak dilaksanakan dengan jujur dan adil. Kami di sini minta keadilan. Karena tidak tersalurkannya hak warga ini diduga merupakan pengondisian pihak-pihak tertentu,” ucapnya, Senin (1/7).

Yadi melanjutkan, harapan keseluruhan warga adalah agar pihak kecamatan menyampaikan persoalan langsung ke pemkab. “Kan kasihan masyarakat. Kami hanya minta kejujuran,” ujarnya.

Sementara, Plt Camat Natar Alamsyah membenarkan bahwa ada pengaduan dari masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkades Bumi Sari.

“Iya benar memang ada pengaduan. Tapi sementara akan kita tampung terlebih dahulu. Karena kami tidak memiliki kewenangan,” kata dia.

Dia mengaku akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan Bagian Otda Pemkab Lampung Selatan, apakah dalam sisi aturan bisa dilakukan PSU atau tidak.

“Saya tidak bisa menjamin bisa PSU. Karena kewenangannya di Timsel dan Pemkab. Nanti akan kita komunikasikan ke OTDA. Saat ini saya sedang menjadwalkan untuk bertemu langsung,” kata dia. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi