oleh

Bawaslu Tubaba Kumpulkan Awak Media

radarlampung.co.id – Bawaslu Tulangbawang Barat (Tubaba) mengumpulkan sejumlah awak media dari organisasi kewartawanan di salah satu rumah makan di Candra Mukti, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa (2/7).

Selain untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan insan pers, kegiatan ini dilakukan untuk menyampaikan hasil pengawasan pemilu 2019 sekaligus diskusi melalui sebuah kegiatan bertajuk Media Gathering.

Ketua Bawaslu Tubaba, Midiyan mengatakan media sebagai salah satu pilar demokrasi memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 yang telah diselenggarakan April lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran aktif media dalam pengawasan pemilu. Dengan dukungan teman-teman media, fungsi pengawasan yang melekat pada Bawaslu bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, dia juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan fungsi pengawasan pada penyelenggaraan Pemilu 2019, pihaknya selalu berupaya melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran pemilu.

“Pecegahan adalah senjata utama pengawasan, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Untuk itu, upaya pencegahan selalu kami lakukan di setiap tahapan pemilu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Midiyan juga memaparkan hasil pengawasan Pemilu 2019 dan sejumlah temuan atau laporan dalam tahapan pemilu. Hasil pengawasan dimaksud meliputi tahapan DPT, verifikasi partai politik, pencalonan anggota DPRD, kampanye, logistik, pemungutan dan penghitungan suara pemilu, sampai dengan pengawasan terhadap perolehan suara peserta pemilu baik pilpres ataupun pileg.  (fei/rnn/kyd)

Komentar

Rekomendasi