oleh

Jelang Keberangkatan, Ratusan CJH Pesawaran Ikuti Manasik Haji

radarlampung.co.id -Sebanyak 109 Jamaah Calon Haji (JCH) se Kebupaten Pesawaran mengikuti manasik haji tingkat kecamatan di Desa Karang Anyar, Kecamatan Gedongtataan, Rabu (3/7).

Kepala Kantor Kemenag Pesawaran H. Farid Wajedi mengatakan manasik tingkat kecamatan merupakan tindaklanjut dari manasik haji tingkat kabupaten yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Kemarin hanya dua hari manasiknya yang tingkat kabupaten, sekarang empat hari di tingkat kecamatan. Artinya lebih detail info-info yang disampaikan berkenaan dengan haji,” ungkap Farid saat memberi materi manasik di Masjid   Al Ikhlas Desa Karang Anyar.

Dikatakan, 109 JCH tersebut akan diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta kloter 31 pada 21 Juli 2019 mendatang. “Insya Allah akan berangkat tanggal 21 Juli nanti,” ujarnya.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PJU), H. Khuzil Afwa Kahuripan menjelaskan manasik yang seharunya dilaksanakan di setiap kecamatan tersebut akhirnya dipusatkan di Kecamatan Gedongtataan. Mengingat jumlah jamaah yang disetiap kecamatan tidak terlalu banyak.

“Harusnya kan memang disetiap kecamatan, tetapi minimalnya kan satu kecamatan ada 40 jamaah sehingga untuk efektifitas dan efesiensi waktu maka kami pusatkan di Kecamatan Gedongtataan,” ucapnya.

Lebih jauh Khuzil menambahkan,  dalam manasik haji, para peserta akan dibekali tentang kebijakan pemerintah tentang penyelanggaraan haji; kebijakan teknis kesehatan haji; kebijakan pemerintah arab suadi tentang taklimatul hajj.

“Dan materi tentang kebijakan pemerintah terkait pengelolaan dana haji. Materi yang diberikan pada manasik lanjutan di tingkat kecamatan lebih dalam dan rinci lagi sehingga CJH benar-benar memahaminya,”jelasnya (ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi