oleh

Kabar Baik, Pembudidaya Ikan di 5 Kecamatan Ini Dapat Benih Ikan

radarlampung.co.id–Tahun ini kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di lima kecamatan Kabupaten Tanggamus bakal mendapat bantuan benih ikan dan sarana prasarana. Kelima kecamatan itu adalah Sumberejo,Airnaningan, Gunung Alip, Pugung, Pulaupanggung.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Budi Daya Sigit Bayu Premono mewakili Kepala Dinas Perikanan Tanggamus, Edi Narimo, bantuan benih dan sarpras tersebut diperuntukkan bagi delapan pokdakan yang mana sumbernya berasal dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tahun 2019.

“Nama program bantuan ini adalah Peningkatan sarana prasarana kelautan dan perikanan yang anggarannya berasal dari DAK 2019 dengan total nilai bantuannya sebesar Rp 400 juta,” kata Sigit yang didampingi Kasi Budi Daya Air Tawar M. Ridwan,Rabu (3/7).

Dijelaskan Sigit, bantuan yang diberikan dari DAK tersebut memang dikhususkan bagi kelompok pembudidaya bukan perorangan. Dan yang mendapat bantuan adalah kelompok yang sudah menyerahkan proposal sebelumnya. “Ada delapan pokdakan di lima kecamatan itu yang tahun ini mendapat bantuan. Untuk jenis bantuannya memang berbeda sebab disesuaikan dengan potensi didaerah itu.
Contohnya benih Gurame Kecamatan Sumberejo, benih lele diberikan untuk pokdakan di Kecamatan Airnaningan, Pulau Panggung dan Pugung. Lalu bantuan bina padi (Caren) yakni sawah yang pinggirannya diberi benih ikan difokuskan pada wilayah Pugung, “terangnya.

Masih kata Sigit, tahun ini memang belum semua kecamatan yang mendapat bantuan. Hal ini karena terbatasnya anggaran KKP RI.” Dananya memang tidak besar jadi belum bisa mengcover semua, jadi bagi Kecamatan lain yang belum diupayakan dari DAK tahun depan, “ucapnya.

Bantuan benih ikan dan bina padi lanjut Sigit sudah berjalan sejak Mei lalu. Dan nantinya setiap laporan dari pokdakan akan dinilai oleh tim Dinas Perikanan.” Kita ada penyuluh, nah, penyuluh inilah yang nanti membantu para pokdakan dan juga melihat laporan dari pokdakan. Harapannya melalui bantuan ini bisa meningkatkan hasil produksi yang muaranya peningkatan kesejahteraan pokdakan, “pungkas Sigit. (ehl/ral/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi