oleh

Bayi Baru Lahir di Lamtim Dapat Akte Gratis

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur siap meluncurkan program pembuatan akte kelahiran gratis bagi para bayi yang baru dilahirkan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, pembuatan akte kelahiran gratis tersebut dilaksanakan dengan sistem jemput bola.

“Bila ada warga Lamtim yang melahirkan. Maka, pihak Puskesmas, rumah sakit bersalin, bidang akan langsung mengurus proses pembuatan akte kelahirannya,”jelas Zaiful saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan kartu keluarga sejahtera (KKS) di Lapangan Kecamatan Metrokibang, Kamis (4/7).

Dilanjutkan, dengan adanya program tersebut maka masyarakat Lamtim yang baru melahirkan tidak perlu harus mengurus pembuatan akte kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil.

Baca :   Sementara, Baru 10 Pelamar Seleksi JPTP Pemkab Lamtim

“Program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam rangka penertiban dan mempermudah proses pembuatan dokumen kependudukan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Zaiful menjelaskan, pembuatan akte kelahiran gratis tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan program berobat dan ambulan gratis bagi warga Lamtim yang belum tercover BPJS.

“Di setiap Puskesmas akan kami tempatkan ambulan yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat. Itu termasuk untuk menjemput dan mengantarkan ibu hamil yang akan melahirkan. Setelah melahirkan, maka langsung mendapat akte kelahiran,”terang Zaiful.

Baca :   Satlantas Polres Lamtim Terima Penyerahan Senpi Rakitan

Ditambahkan, program berobat dan ambulan serta akte kelahiran gratis tersebut merupakan wujud pemerintah hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Program ini, akan kami laksanakan mulai APBD perubahan tahun ini,”pungkas Zaiful didampingi Asisten II Junaidi Abdul Muin dan para kepala organisasi perangkat daerah serta camat se Kabupaten Lamtim. (wid/wdi)



Komentar

Rekomendasi