oleh

Evaluasi Kepala OPD untuk Capai Target PAD di Pringsewu!

radarlampung.co.id – Evaluasi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan agar   realisasi PAD Pringsewu dapat tercapai maksimal. Selain itu, langkah ini bertujuan agar anggaran pembangunan dapat terserap dengan perencanaan yang matang.

Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pringsewu Rohmansyah mengatakan, sudah selayaknya dilakukan evaluasi kepala OPD. Sebab dari catatan Banggar, kepiawaian kepala OPD diperlukan agar anggaran dapat terserap dan target PAD tercapai.

“Terkait serapan belanja daerah yang hanya mencapai 93,91 persen, kami meminta kepada seluruh OPD dalam penyusunan anggaran lebih cermat dan berprinsip pada money follow program. Kemudian program benar-benar menyentuh masyarakat,” tegas Rohmansyah.

Menurut dia, masih ditemukan program kegiatan yang penyerapannya di bawah 50 persen. Kemudian realisasi PAD hanya mencapai 83,62 persen.

“Kepada seluruh OPD untuk lebih tertib dan patuh terhadap peraturan dalam penyusunan perencanaan, penganggaran dan pelaksanaaan anggaran,” tegas Rohmansyah dalam rapat paripurna pengesahan Raperda tentang Pertanggungjawaban  Pelaksanaan APBD 2018 di DPRD Pringsewu, Kamis (4/7).

Sementara Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengatakan, pemkab  bertanggung jawab atas penyusunan dan penyajian kewajaran laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan dan pengendalian intern yang memadai untuk menyusun laporan keuangan yang bebas dari salah saji material. Baik yang disebabkan oleh kecurangan maupun kesalahan.

Ini sesuai dengan salah satu program Pemerintah Kabupaten Pringsewu, 100-0-100. Yaitu 100 persen dalam perencanaan, 0 persen dalam kesalahan dan 100 persen dalam pelaporan. Ini juga sebagai bentuk upaya mempertahankan WTP yang telah diraih saat ini.

“Kepada semua pihak, kami berharap kedepannya kita akan bersama-sama mempertahankan opini WTP yang telah diraih dan terus kita tingkatkan good governance dan clean governance di Pringsewu ini,” tegasnya. (mul/sag/ais)

Komentar

Rekomendasi