oleh

Lambar Bangun Gedung Sekolah Kopi

radarlampung.co.id – Pemkab Lampung Barat memulai pemLAMBAR BANGUN GEDUNG SEKOLAH KOPIbangunan gedung sekolah kopi, yang akan dipusatkan di Pekon Sukajaya, Kecamatan Airhitam tahun ini. Peletakan batu pertama rencananya dilakukan langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Selasa (9/7).

Plt. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Agustanto Basmar mengatakan, tahap awal sekolah kopi tersebut sifatnya tidak formal. Jadi seluruh lapisan masyarakat bisa belajar di sekolah kopi yang akan dipusatkan di kebun percontohan milik pemkab.

“Beberapa poin dalam sekolah kopi, di antaranya budidaya, pascapanen sampai proses pengolahan kopi siap seduh. Banyak ilmu yang bisa didapatkan peserta,” Agustanto.

Dengan tersedianya sarana dan prasarana dalam sekolah kopi, Agustanto berharap akan menjadi stimulan positif pengembangan kopi sebagai komoditas unggulan di Lampung Barat. Sekolah kopi sendiri, menjadi salah satu impian Bupati Parosil Mabsus sejak dilantik.

”Untuk suksesnya sekolah kopi, tentu perlu dukungan seluruh penggiat kopi dan sejumlah elemen yang konsen dengan perkopian untuk merealisasikan sekolah kopi. Ini merupakan implementasi dari dukungan pemkab atas instruksi Presiden Jokowi agar daerah membentuk sekolah yang dapat meningkatkan minat dan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Pada tahap awal, akan didatangkan tenaga ahli di bidang kopi, yang nantinya mengajarkan masyarakat lokal. Mulai dari tata cara penanaman yang baik, hingga pengolahan bahkan akan mendatangkan barista untuk mengajarkan tata cara penyajian kopi yang nikmat.

”Ke depan, tentunya seiring berjalannya waktu, kita berharap akan banyak ahli-ahli kopi di Lambar. Tentunya bisa membagi ilmu kepada masyarakat. Terpenting, dibangunnya sekolah kopi ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mensejahterakan petani,” pungkasnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi