oleh

Tim Gabungan Selamatkan Harimau Sumatera yang Terjerat di TNBBS

radarlampung.co.id – Tim gabungan berhasil menyelamatkan seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang terjerat di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), tepatnya Batuampar, Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh. Saat ditemukan, kaki kanan hewan dengan panjang 120 meter dan bobot 80 kilogram tersebut sudah rusak dan membusuk.

Harimau dewasa berjenis kelamin jantan ini ditemukan Selasa (2/7). Bermula saat petugas dari Bidang Wilayah II Liwa dan World Wildlife Fund (WWF) yang sedang patroli, mendengar suara auman. Saat diperiksa, harimau tersebut terjerat kawat sling.

Kabid Wilayah II Liwa Amri membenarkan penemuan harimau tersebut. Ia menyatakan proses selanjutnya ditangani Balai Besar TNBBS.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBBS Heru Rudiharto  membenarkan temuan harimau itu. Untuk selanjutnya, ia mengarahkan langsung ke Kepala BB TNBBS Agus Wahyudiyono. Sayangnya yang bersangkutan masih berada di  luar negeri dan ponselnya tidak bisa dihubungi.

Berdasar informasi yang dihimpun Radarlampung.co.id, begitu menemukan harimau, tim yang sedang patroli langsung berkoordinasi dengan Bidang Wilayah II Liwa. Kemudian laporan diteruskan ke BB TNBBS.

Untuk mempercepat proses evakuasi, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu dan dua dokter hewan didatangkan.

Tiba di Suoh, tim langsung berupaya mengevakuasi harimau. Untuk penanganan lebih lanjut, hewan dilindungi ini kemudian dibawa ke Taman Satwa Lembah Hijau Bandarlampung. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi