oleh

Stadium Generale Itera Disaksikan Perwakilan 8 Universitas

radarlampung.co.id- Stadium Generale yang diselenggarakan Institut Teknologi Sumatera (Itera) tentang Natural Hazards: Soft and Hard Engineering Solutions disaksikan perwakilan delapan universitas di Indonesia.

Head of International Affairs Office Itera Acep Purqon, Ph.D., mengatakan, karena materi yang disampaikan merupakan multidisiplin ilmu, seperti Teknik Geomatika, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan dan banyak lagi karena tidak hanya satu bidang saja, sehingga diselenggarakan juga secara teleconference video.

“Ada 8 universitas yang ikut dalam teleconference ini. Ada dari UIN Surabaya, UIN Sumatera Utara, UIN Jakarta, UIN Malang, UIN Semarang, UIN Palembang, UIN Bandung, dan UIN Makassar. Dan mereka juga tadi aktif memberikan pertanyaan,” ujar Acep, Jumat (5/7).

Ia pun berharap para dosen muda Itera dapat memanfaatkan acara tersebut untuk mendapatkan program doktoral di Inggris. Tidak hanya tentang keilmuan yang disampaikan pada kesempatan itu, akan tetapi juga program studi lainnya.

“Kami menyediakan waktu setelah kuliah umum untuk para dosen bertemu dan berdiskusi langsung dengan pembicara utama dari UEL,”ucapnya.

Sementara, pembicara dalam stadium generale tersebut Dr. Ravindra Jayaratne menjelaskan, tentang Bahaya Bencana Alam: Solusi dari Soft and Hard Engineering untuk menangani berbagai bencana alam, seperti tsunami, badai, gelombang tinggi, banjir, hingga danau gletser. Ia menyebutkan, mekanisme pencegahan bencana dapat dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya dengan merancang struktur bangunan yang dapat meminimalkan dampak sebuah bencana. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi