oleh

Bermasalah Administrasi, Kapal Bantuan untuk Pesawaran Tiba Dalam Dua Pekan

radarlampung.co.id-Bantuan kapal Kementerian Perhubungan yang dijadwalkan tiba di Dermaga Ketapang Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan awal tahun ini meleset. Hal itu disebabkan adanya sejumlah administrasi yang harus dibenahi di Kementerian terkait.

“Harusnya Januari 2019 sudah masuk, ternyata hasil kaji biro hukum Kementerian, ada kesalahan administrasi terhadap bantuan kapal itu. Dan bukan hanya kapal untuk kita saja, tapi seluruh kapal bantuan untuk kabupaten di Indonesia,”ungkap Kepala Dinas Perhubungan Pesawaran, Afdal Faisal pada Minggu (7/7).

Dijelaskan, dari hasil konsultasi biro hukum Kementerian Perhubungan dengan Kejagung dan KPK, akan menimbulkan temuan. Sehingga semua administrasi diperbaiki secara keseluruhan. “Kalau tidak ada aral melintang, dua minggu kedepan ini kapal tersebut sudah sampai di Dermaga Ketapang,” ucapnya.

Menurutnya, bantuan satu unit kapal dengan kapasitas mesin 35 GT dan kecepatan 9 knot tersebut dapat mengangkut 24 penumpang dan 10 ton barang. Namun jika tidak ada barang, maka dapat dikonversi menjadi 70 penumpang. “Kapal tersebut nanti dikirim dari Tanjung Perak Banyu Wangi. Dan kita terima di Dermaga Ketapang nantinya,” kata dia.

Kedepan, lanjut Afdal kapal tersebut akan beroperasional untuk pelayaran rakyat (Pelra) untuk mendukung tol laut program pemerintah pusat. Dimana kapal tersebut merupakan kapal pengumpan dari pelabuhan lokal menuju dermaga Panjang untuk selanjutnya ke dermaga utama seperti Tanjung Priok

“Perda tentang retribusi sedang dievaluasi dibiro hukum. Artinya kapal tersebut yang melayani penyebrangan rakyat akan memberikan kontribusi bagi PAD Kabupaten Pesawaran,”pungkasnya (ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi