Lampung Raya Bupati Sampaikan KUA-PPAS APBD Perubahan Tanggamus 2019

Bupati Sampaikan KUA-PPAS APBD Perubahan Tanggamus 2019

Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan 2019 dalam sidang paripurna, Senin (8/7). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan 2019 dalam sidang paripurna, Senin (8/7). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan KUA-PPAS Perubahan APBD 2019 dan penandatanganan MoU Program Pembentukan Peraturan Daerah 2019, di aula Islamic Center Kotaagung, Senin (8/7).

Paripurna yang dihadiri 27 anggota dewan itu dipimpin Ketua DPRD Heri Agus Setiawan bersama Wakil Ketua I Rusli Shoheh dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko. Hadir Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati A.M. Syafi’i, Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis, asisten, kepala OPD dan camat.

Bupati Dewi Handajani mengatakan, penyusunan KUA-PPAS Perubahan APBD 2019 dilakukan berlandaskan perubahan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019. Dalam dokumen perubahan RKPD tersebut dinyatakan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus tahun 2019 adalah pemerataan pembangunan infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata untuk pertumbuhan yang berkualitas.

Baca :   Selang Dua Pekan, Bupati Lamtim Kembali Rolling Ratusan Pejabat

Dewi menyatakan, pendapatan daerah Tanggamus 2019 diproyeksikan mengalami perubahan dari semula Rp1, 80 triliun menjadi Rp1, 79 triliun. “Penurunan tersebut karena adanya perubahan dana alokasi khusus (DAK) nonfisik dan alokasi dana desa yang merupakan sisa pelaksanaan tahun sebelumnya, sesuai hasil audit BPK serta perubahan alokasi dana hibah bantuan operasional sekolah dari Provinsi Lampung,” papar Dewi.

Dilanjutkan, belanja daerah 2019 diproyeksikan mengalami perubahan dari semula Rp1,80 triliun menjadi Rp1,81 triliun. Terdiri dari
belanja tidak langsung yang mengalami penurunan sebesar Rp3,25 miliar dan
belanja langsung naik Rp13,06 miliar.

Baca :   Posisi Pj. Kapekon Diduga Terlibat Penyalahgunaan Narkoba Digantikan Plh.

Kemudian total pembiayaan daerah 2019 sebesar Rp22,19 miliar dari semula Rp3,2 miliar yang merupakan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya, berdasarkan audit BPK.

“Berdasarkan data di atas, maka rancangan KUA dan PPAS Perubahan Tanggamus 2019 dengan kondisi sisa lebih pebiayaan anggaran tahun berkenaan sebesar nol rupiah atau diproyeksi tetap dalam anggaran berimbang antara pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah,” ujarnya.

Menutup penyampaian laporannya, Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota dewan yang berkenan menerima penyampaian rancangan KUA dan PPAS Perubahan 2019. Selanjutnya dibahas bersama dengan Badan Anggaran DPRD, TAPD dan perangkat daerah di Tanggamus. (ral/ehl/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini