oleh

Dicari, Lima Pemenang Muli-Mekhanai Lampung 2019

radarlampung.co.id – Puncak pemilihan Muli-Mekhanai provinsi Lampung 2019 bakal digelar 2 Agustus mendatang. Gelaran tahunan ini bakal dibuat berbeda dibanding tahun sebelumnya, di mana bakal ada lima pemenangnya.

Berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencari pemenang utama, runner up 1 dan runner up 2 atau berjumlah 3 pemenang. Tahun ini, Pemilihan Muli Mekhanai Lampung bakal mencari pemenang utama, runner up 1, runner up 2, runner 3 dan runner up 4.

Kabid Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Lampung Linda Sumadewi mengatakan, sebenarnya pemilihan Muli Mekhanai tahun ini tak jauh berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun-tahun lalu biasanya di final hanya mencari 3 pemenag saja, tapi tahun ini 5 besar pemenang hingga ke runner up 4. Ini kami lakukan karena Kami ingin mereka (pemenang) berpartisipasi di acara yang tingkat nasional, lebih banyak jadi lebih banyak juga kesempatan untuk menang,” beber Linda di kantornya, Senin (8/7).

Dia melanjutkan, di tahun ini juga pihaknya ingin partisipasi peserta tidak hanya utusan dari kabupaten/kota. Namun juga diikutkan dari perguruan tinggi (PT) dan perbankan.

“Jadi kami ingin dari umum dan universitas juga pesertanya, yang belum ikut dari kabupaten/kota bisa berpartisipasi. Nah nantinya, jadi bisa langsung mendaftar di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi. Ya kami juga mengirim surat ke universitas dan perbankan untuk berpartisipasi,” tambahnya.

Linda menambahkan kuota yang disiapkan juga sama. Seluruhnya akan disaring menjadi 50 besar dari seluruh yang mendaftar nantinya. “Jadi nggak ada beda, kuotanya sama baik yang dari kabupaten/kota atau yang dari umum. Tetap kami seleksi jadi 50,” lanjutnya.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi misalnya mulai dari memiliki KTP provinsi Lampung, belum menikah dan berusia 18 hingga 25 tahun, minimal tamat atau lulus SMA atau sederajat bisa mahasiswa karyawan atau karyawati. Yang jelas sebagai peserta Muli Mekhanai yang berpenampilan menarik cerdas dan berkepribadian, sehat jasmani dan rohani. Memiliki karakter moral dan kepribadian yang baik, Mandiri, inisiatif, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

Untuk Muli memiliki tinggi minal 165 cm, dan mekhanai minimal 170 cm. Diutamakan mampu berkomunikasi dalam bahasa Lampung dan bahasa Inggris baik lisan dan tulisan. Kemudian memiliki wawasan pengetahuan umum terkait pariwisata ekonomi kreatif seni dan budaya Lampung. ” bagian berminat daftar itu bisa daftar di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Jalan Jendral Sudirman, Bandarlampung, hingga 20 Juli kedepan,” tandas Linda.

Kemudian akan seleksi administrasi pada 21 hingga 25 Juli, dan menjalani tes wawancara dan tulis pada 29 juli 2019. Kemudian pada 30 juli opening ceremony and talent show. Dilanjutkan pembekalan 1 Agustus dan malam puncak 2 Agustus mendatang. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi