oleh

Empat RT di Panjang Sasaran Pembagian Air Bersih

radarlampung.co.id – Empat RT di Kampung Rawalaut, Kelurahan Panjang Selatan, Panjang menjadi sasaran bantuan air bersih yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung, Senin (8/7). Wilayah ini menjadi salah satu daerah yang kesulitan air bersih.

Kepala Program ACT Lampung Arief mengatakan, melihat kondisi di kawasan tersebut, pihaknya mendistribusikan air bersih untuk membantu warga. ”Hari ini kita dropping air bersih. Ini diteruskan selama sepekan pada beberapa lokasi di Bandarlampung yang kesulitan air bersih,” kata Arief.

Sementara Ketua RT. 10 Eko Ferianto mengatakan, sebagian masyarakat menggunakan air bor hanya untuk urusan MCK. Hal ini disebabkan air yang dihasilkan masih payau, sehingga tidak layak digunakan untuk memasak.

“Air sumur bor masih agak asin. Kalau untuk mandi, bikin kulit kering dan busikan,” kata Eko. ” ucapnya.

Saat ini, masyarakat membeli air dari pengepul dengan harga Rp1.000 per jeriken ukuran 20 liter. Biasanya satu keluarga menghabiskan tiga jerigen untuk masak dan minum dalam sehari.

Menurut Eko, diwilayahnya belum ada penampungan air bersih sehingga masyarakat masih menggunakan jeriken maupun ember. Dirinya berharap segera dibangun penampungan air bersih dan dropping air setiap hari.

”Beberapa hari ini air PDAM belum ngalir lagi. Jadi masyarakat beli air dari pengepul untuk masak dan minum,” ucapnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi