oleh

Lagi, Teknokrat Raih Juara Kontes Robot Indonesia 2019

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim robot Universitas Teknokrat Indonesia meraih prestasi di kancah nasional. Selain meraih juara nasional dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat nasional yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang pada 21-23 Juni lalu,

Tim Robot Teknokrat divisi lomba Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid Krakatau FC juga dinobatkan sebagai robot dengan desain terbaik tingkat nasional.

Maulana Azis Assuja dosen pembimbing Tim Robot Teknokrat menjelaskan, desain KRSBI Humanoid Krakatau FC mengikuti kaidah humanoid robot sebagaimana mestinya (antrophomorphic, Red). Terdapat 20 degree of freedom (dof), 12 dof untuk tubuh bagian bawah (pinggang sampai kaki) yang bisa mendukung kemampuan gerak kesegala arah dengan baik.

“Kemudian, tubuh bagian atas 8 dof, 6 dof di bahu dan tangan, dan sisanya di kepala. Desain rangka tubuh atas dioptimasi untuk mendukung misi robot, contohnya bagian tangan di optimasi untuk gerakan bangun dengan cepat, juga berfungsi sebagai elemen penyeimbang ketika robot melaksanakan aksi,” jelas Maulana, Minggu (7/7).

Kemudian, lanjutnya, bagian tubuh utama dirancang sebagai tempat main controller dan secondary controller yang mudah dibongkar pasang untuk memudahkan proses maintenance robot. Bagian kepala dilengkapi kamera high speed dengan lensa lebar sehingga menambah jangkauan pandang robot.

“Rangka didesain ringan namun tetap kokoh dengan menggunakan allumunium alloy seri 5000 dan 7000. Dan, robot dilengkapi sistem peredam benturan, sehingga mengurangi resiko kerusakan fatal di sistem elektronik akibat terjatuh keras. Persiapan untuk kontes robot ini kita lakukan sepanjang tahun, mulai dari desain, implementasi, pengujian, evaluasi dst. Karena kontes ini ka diadakan setiap tahun,” tandasnya.

Maulana menambahkan, Teknokrat merupakan satu-satunya PTS yang mampu meraih juara di peringkat 3 besar tingkat nasional.

“Alhamdulillah Tim Krakatau FC Teknokrat meraih juara Tingkat nasional dan juga mendapatkan Best Design di kategori KRSBI-Humanoid dalam ajang KRI 2019,” imbuhnya.

Wakil Rektor III Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, yang juga mengawal tim robot Teknokrat, memberikan semangat dan dorongan pada Tim Robot Teknokrat dalam berlomba.  Sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk Teknokrat, dan Provinsi Lampung. (rls/kyd)

Komentar

Rekomendasi