Berita Utama Progres Sudah 94,18 Persen, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Diresmikan Agustus

Progres Sudah 94,18 Persen, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Diresmikan Agustus

Ruas tol menuju pintu gerbang tol Menggala. Bupati Umar Ahmad meminta agar nama gerbang tol tersebut diubah menjadi gerbang tol Penumangan. Foto IST

radarlampung.co.id – Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung direncanakan bakal di resmikan bertepatan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) pada 17 Agustus 2019.

Sekretaris Tim Percepatan JTTS Zainal Abidin mengatakan informasi peresmian pada 17 Agustus tersebut memang telah sampai ke pihaknya.

“Infonya diresmikan pada 17 Agustus. Ya kalau peresmiannya itu tergantung Presiden Joko Widodo ya, kapan beliau mau ke Lampung untuk peresmiannya. Yang jelas jalan tolnya (Terbanggi Besar-Pematang Panggang) sudah bisa dioperasionalkan,” kata Zainal melalui sambungan telpon, Senin (8/7).

Ia menambahkan, untuk jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang memang sempat dibuka saat musim lebaran Idul Fitri 1440 H lalu. Namun saat ini kembali ditutup dan bakal dibuka saat peresmiannya nanti.

“Namun dibuka kan tunggu peresmian. Kemarin saat lebaran memang dibuka, sekarang kami tutup lagi. Saat ini persiapan terkait rest area sama lahan-lahan tambahan. Kemudian dana-dana kalau ada tanah yang belum diambil masyarakat diselesaikan di pengadilan negeri,” lanjutnya.

Sementara dalam data progres pembangunan JTTS yang diakses pada 8 Juli, di laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Data paling baru yang dimuat per 28 Juni 2019 ini menyebutkan dari total panjang jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189,2 kilometer, sudah terealisasi konstruksi mencapai 94,18 persen. Sementara progres pembebasan tanah mencapai 97,11 persen.

Jalan bebas hambatan yang dikerjakan PT Hutama Karya (HK) ini terdiri atas dua sesi. Pertama, Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 kilometer dan Sesi kedua Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer. Dengan progres sesi 1 mencapai 92,7% dan sesi 2 mencapai 96,34 persen. (rma/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini