oleh

Target 500 Akseptor, Siapkan Layanan KB Door to Door di Pesawaran

radarlampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesawaran menargetkan 500 akseptor menjadi peserta KB aktif dalam kurun waktu Juli. Program ini menjadi rangkaian peringatan hari jadi ke-12 kabupaten berjuluk Andan Jejama tersebut.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pesawaran Maisuri mengatakan, untuk mencapai target 500 akseptor, pihaknya secara estafet memberikan pelayanan KB gratis sejak awal Juli.

“Dari 11 kecamatan, kita targetkan 500 akseptor menjadi peserta Metode KB Jangka Panjang atau MKJP,” ungkap Maisuri, Senin (8/7).

Menurut dia, beberapa kecamatan yang sudah mendapatkan pelayanan door to door adalah Waykhilau, Telukpandan, dan Kedondong. “Dengan didukung tiga kendaraan pelayanan yakni kendaraan pelayanan dan penerangan KB serta mobil akseptor,” urainya.

Dilanjutkan, pelayanan KB ini melibatkan kader PKK, Dinas Kesehatan dan UPT. Pelayanan KB gratis MKJP yang diberikan adalah pemasangan alat kontrasepsi  IUD dengan jangka pemakaian sampai delapan tahun dan KB implan selama tiga tahun.

“Termasuk akseptor yang akan medis operasi pria (MOP) dan MOW untuk wanita. Kemudian pemasangan alat kontrasepsi dengan metode jangka pendek seperti suntik KB, pil dan kondom,” paparnya.

Maisuri melanjutkan, selain door to door, dalam rangkaian HUT Pesawaran, juga diberikan pelayanan KB di Rumah Sakit Umum Daerah (RAUD) Pesawaran, Selasa (9/7). Ditarget mendapatkan 200 akseptor.

“Untuk besok, minimal 100 akseptor jangka pajang dan 100 akseptor KB jangka pendek. Target lima kecamatan, yakni Gedongtataan, Negerikaton , Waylima, Kedodonng dan Waykhilau,” tandasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi