oleh

UT Jajaki Kerjasama Dengan Pemkab Pringsewu

radarlampung.co.id – Universitas Terbuka menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Utamanya dalam mencetak sarjana maupun pascasarjana melalui sejumlah program.

Kepala UPBJJ UT Bandarlampung Sri Ismulyaty menjelaskan, Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. UT  berdiri pada 1981 dan menjadi perguruan tinggi negeri ke-45, berdasar Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

“Kita menjajaki kemungkinan kerjasama (dengan Pemkab Pringsewu),” kata Sri saat audiensi dengan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dikantornya, Senin (8/7).

Dalam pertemuan tersebut, Sri didampingi Kepala Prodi Akuntansi Keuangan Publik UT Noorina Hartati, Kepala Prodi Akuntansi UT Rini Dwiyani,  Manajer BBLBA UT Lampung Agus Iskandar, dan Dosen UT Jakarta Yosi

Sri juga menjelaskan istilah terbuka dalam sistem pendidikan UT. “Mengandung makna bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswa tanpa pembatasan usia, tahun kelulusan ijazah SLTA, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian,” bebernya.

Sedangkan jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara mahasiswa dengan dosen. Di mana, jarak ini dijembatani dengan media khusus yang dikembangkan untuk belajar jarak jauh.

“Di Kabupaten Pringsewu sendiri saat ini tercatat ada 1.000 mahasiswa UT. Sedang yang aktif sekitar 800 mahasiswa,” urainya.

Sementara Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyambut baik apa yang disampaikan pihak Universitas Terbuka. (sag/rls/ais)



Komentar

Rekomendasi