oleh

ABK Kapal Hilang di Laut Lamtim, Tim SAR Lakukan Penyisiran

radarlampung.co.id-Tim Basarnas Provinsi Lampung dan Pol Airud Polres Lampung Timur masih terus mencari salah seorang nelayan yang tenggelam di perairan laut Labuhanmaringgai.

Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro melalui Kasat Polair AKP Faizal Idrus menjelaskan, korban yang tenggelam diketahui bernama Erwin (25) warga Jawa Tengah. Korban merupakan anak buah Kapal Motor (KM) Barokah.

Menurutnya, peristiwa berawal ketika KM.Barokah dengan nakhoda Surjama bertolak dari Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Desa Muaragdingmas Labuhanmaringgai untuk menabur bubu (alat tangkap) untuk menangkap rajungan,  Jumat (5/7).

Setelah tiga hari melaut, salah seorang anak buah kapal KM.Barokah atas nama Erwin terjatuh di wilayah perairan utara Pulau Segama. Mengetahui ada ABK yang terjatuh ke laut, Surjama segera memutar haluan  titik yang diduga korban terjatuh. Namun, korban sudah tidak terlihat muncul dipermukaan.

Atas peristiwa tersebut, KM.Barokah  terus berusaha melakukan pencarian. Namun, hingga Senin (8/7) upaya pencarian belum juga membuahkan hasil.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke pangkalan kapal XXV-1005 dan Sat Polair Polres Lamtim. Berdasarkan laporan tersebut Sat Polair Polres Lamtim berkoordinasi dengan Basarnas Provinsi Lampung guna melakukan pencarian korban.

Menanggapi laporan tersebut Basarnas Lampung mengerahkan 1 tim rescue dengan 5 personil Unit Siaga SAR Bakauheni bergerak menuju  perairan Labuhanmaringgai.  Upaya pencarian yang dilakukan Basarnas bersama Polair Polda Lampung, Polair Polres Lamtim serta sejumlah nelayan, Senin (8/7) belum membuahkan hasil karena kondisi cuaca buruk. “Saat ini, upaya pencarian masih dilakukan,”terang AKP Faisal.

Terpisah Kepala Desa Muaragadingmas Wahyono menyatakan, Erwin merupakan nelayan asal Jawa Tengah yang sudah lama berdomisili di desanya. “Sudah lebih dua tahun Erwin tinggal di desa kami dan berprofesi sebagai nelayan,”jelasnya.  (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi