oleh

Cuaca Ekstrim, Dua Mobil Tertimpa Longsoran Sampah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hujan yang turun empat hari belakangan mengakibatkan tumpukan sampah yang berada di sektor kolam licid Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung, di Telukbetung Barat (TBB) longsor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, longsor tersebut terjadi Minggu (9/7) sekitar pukul 15.00 WIB dan menimbun dua mobil molen, 10 troli, dan beberapa matrial untuk pembangunan pondasi di sekitar lokasi.

Saat di konfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Sahriwansah membenarkan hal tersebut. Menurutnya pihaknya dan unsur terkait segera mengeruk dan mengangkat kembali sampah yang longsor tersebut ke atas.

“Tadi kami bersama pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas PU sudah dipanggil pak wali kota, untuk segera menanggulangi longsor tersebut,” ujarnya, Senin (9/7) saat ditemui di Gedung Semergou.

Menurut dia, tumpukkan sampah yang longsor di TPA Bakung tersebut masih jauh dari pemukiman warga dan masih berada di atas tanah milik Pemkot Bandarlampung.

“Sebenarnya di lokasi longsor tersebut pemkot sedang mengerjakan pembangunan pondasi untuk mengantisipasi agar tumpukan sampah di TPA Bakung itu tidak longsor hingga ke pemukiman warga,”ucapnya.

Sahriwansah pun menjelaskan bahwa hingga saat ini belum akan ada penambahan ataupun pemindahan lokasi TPA. “Namun pihak pemprov nanti akan membuat TPA regional untuk menampung sampah-sampah ini,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bandarlampung Iwan Gunawan menjelaskan, di tempat kejadian tersebut saat ini sedang dalam proses pengerjaan pondasi dengan tinggi tujuh meter dan lebar enam puluh meter.

“Kita akan segera kirim alat berat ke sana untuk membersihkan dan mengangkat longsoran sampah tersebut agar warga juga merasa nyaman,” ujarnya, Senin (9/7) di Gedung Semergou. (pip/sur) 

Komentar

Rekomendasi