oleh

Lampung Masih Berpotensi Hujan Lebat

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memperpanjang informasi potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan. Berdasar prakiraan cuaca, potensi hujan lebat disebabkan peningkatan aktifitas fenomena gelombang atmosfer yang dapat meningkatkan potensi udara basah pada beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Lampung mulai 9-11 Juli mendatang.

“Dari hasil tinjauan kondisi atmosfer terkini, dalam periode beberapa hari ke depan, diidentifikasi adanya peningkatan aktifitas fenomena gelombang atmosfer atau equatorial rosby wave yang dapat meningkatkan potensi udara basah di sebagian wilayah Indonesia, juga Lampung. Ini bisa menyebabkan terbentuknya pola belokan angin, perlambatan dan pertemuan angin hingga terjadi potensi hujan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. “Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” paparnya.

Baca :   Hati-hati! Ombak Bisa Mencapai Empat Meter

Rudy melanjutkan, wilayah yang berpotensi hujan di antaranya Lampung Timur, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, Bandarlampung, dan Pesisir Barat.

“Untuk Lampung, hari ini kebagian hujan ringan. Siang sampai sore secara umum prakiraan cerah hingga berawan. Jadi bisa disebutkan seperti banyaknya kumpulan awan berpotensi hujan di lapisan bawah,” ujarnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi