oleh

Simpan Cerita untuk Anak-Cucu, 86 Pasangan Nikah Gratis di Polres Tuba

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 86 pasangan mengikuti acara pernikahan massal gratis yang diselenggarakan Polres Tulangbawang. Kegiatan tersebut masih dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 73.

Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, kegiatan yang diberi nama Sidang Isbat Nikah Terpadu ini merupakan kali pertama digelar Polres setempat. Pernikahan massal tersebut khusus untuk warga Tulangbawang dan Tulangbawang Barat yang kurang mampu.

“Alhamdulillah…, ada 86 pasang peserta yang mengikuti kegiatan ini, 44 pasang dari Tulangbawang dan 42 pasang dari Tulangbawang Barat,” kata Syaiful kepada radarlampung.co.id, Senin (8/7).

Mantan Kapolres Pesawaran itu melanjutkan, 86 pasang peserta yang mengikuti nikah massal tidak dipungut biaya sepeserpun pun.

“Semuanya gratis, karena masih dalam rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-73 tahun 2019. Acara puncaknya sendiri akan dilaksanakan secara serentak Rabu (10/7) di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Kapolres mengungkapkan, kegiatan nikah massal gratis terselenggara berkat dukungan dan kerjasama Polres dengan instansti terkait, seperti Pengadilan Agama, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) Tulangbawang dan Tulangbawang Barat, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang dan Tulangbawang Barat.

“Kami menyelenggarakan kegiatan ini dan menjadi isiator karena adanya masukan dari warga. Mereka yang sudah lama menikah karena faktor ekonomi hingga saat ini belum memiliki buku nikah, artinya pernikahan mereka secara agama sudah sah tetapi belum terdaftar di negara,” ungkap Syaiful.

Dilanjutkannya, kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian Polri khususnya Polres Tulangbawang kepada masyarakat di wilayah hukum Polres. Selain itu juga sebagai fasilitator bagi masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan buku nikah. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi