Lampung Raya Dukung Pengadaan Sarana, Diskes Pesawaran Harus Usulkan Perda PTM

Dukung Pengadaan Sarana, Diskes Pesawaran Harus Usulkan Perda PTM

ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Kebutuhan anggaran untuk peralatan kesehatan 144 posbindu mendapat perhatian anggota DPRD Pesawaran. Sarana ini menjadi pendukung upaya pengendalian penyakit tidak menular (PTM) di kabupaten berjuluk Andan Jejama tersebut.

Salah seorang anggota DPRD Pesawaran Arya Guna mengatakan, Dinas Kesehatan harus menyusun peraturan daerah yang mendukung pelaksanaan program tersebut. Kemudian harus ada kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan desa untuk merealisasikan kebutuhan anggaran yang mencapai Rp3 miliar.

“Apalagi ini telah menjadi program pemerintah pusat. Jika kepala daerah tidak melaksanakannya, akan mendapatkan sanksi. Jadi nanti kita lihat porsinya. Berapa persentase yang akan dikeluarkan oleh masing-masing tingkatan. Baik pusat, daerah maupun desa,” kata Arya Guna, Rabu (10/7).

Baca :   Lahan Puskesmas Padangcermin Aset Pemkab!

Menurut dia, dibutuhkan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan desa untuk melaksanakan program PTM. Misalnya alat deteksi gula darah. Jika diasumsikan sebesar Rp6 juta per alat untuk setiap desa, maka sekitar Rp864 juta sudah dicover di 144 posbindu  melalui dana desa.

“Artinya, untuk kekurangannya bisa dialokasikan dari DAK dan APBD kabupaten. Dari kebijakan kita, bisa dianggarkan 30 persen dari kebutuhan Rp3 miliar tersebut,” urainya.

Baca :   Siap Sambut Tim Penilai P3KSS-GSI di Pesawaran

“Kalau tidak sinergi, nanti program tersebut tidak akan berjalan. Untuk itu kami berharap agar dinas terkait segera mengusulkan raperda tentang PTM. Karena jika sudah ada perdanya dan mewajibkan agar dianggarkan juga melalui dana desa, maka harus dianggarkan. Sehingga program tersebut dapat terealisasi,” tegasnya. (ozi/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini