Lampung Raya Kemarau, Stok Padi di Pesbar Masih Aman

Kemarau, Stok Padi di Pesbar Masih Aman

radarlampung.co.id – Empat kecamatan di Pesisir Barat masuk katagori wilayah dengan suhu tinggi yang menyebabkan kemarau. Yakni Bengkunat, Pesisir Selatan, Ngambur dan Kecamatan Ngaras.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pesisir Barat Abdul Aziz mengatakan, kemarau terjadi dari Juli hingga September. Ini berdampak dengan keringnya 542 hektare sawah dan tidak bisa ditanami pada empat kecamatan tersebut.

Baca :   Kantor Baru, Semangat Kerja Aparatur Kecamatan Harus Meningkat!

Namun begitu, kemungkinan gagal panen saat kemarau masih bisa ditutupi dengan surplus panen ada 2018. ”Tahun lalu, panen mencapai 48.403 ton dengan konsumsi 20 ribu ton. Artinya masih surplus 28 ribu ton. Ini masih ditopang oleh Bulog,” kata Abdul Aziz.

Dilanjutkan, Ditjen Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sudah mengunjungi empat kecamatan yang kekeringan tersebut. Secepatnya Kementerian Pertanian memberikan bantuan benih padi untuk mempercepat tanam, baik sawah atau padi kebun, serta mesin alat pompa air.

Baca :   Peralihan Cuaca, Harga Ikan di Pesbar Melambung

”Kita juga mengimbau petani menyesuaikan musim tanam. Terutama pada akhir Juni hingga akhir Agustus,” sebut dia. (try/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini