Berita Utama Temuan BPK Lampung : Dana BOS Disimpan Dalam Lemari Sekolah, Kepsek Pegang...

Temuan BPK Lampung : Dana BOS Disimpan Dalam Lemari Sekolah, Kepsek Pegang Sisa Anggaran

radarlampung.co.id-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah pusat. Program ini telah berjalan sejak 2005 silam.

Meski sudah berjalan lebih dari satu dekade, faktanya di Provinsi Lampung pengelolaan dana BOS tingkat SMA/SMKN dinilai masih belum memadai. Sejumlah persoalan masih ditemui.

Mulai dari ketidak tertiban pelaporan sisa dana, hingga masih ada sekolah kedapatan simpan ratusan juta rupiah dana BOS tahun 2017. Dimana dana itu belum dilaporkan. Hal ini tentu saja dicatat sebagai temuan dalam LHP Laporan Keuangan Pemprov Lampung 2018 yang ditulis Badan Pemeriksaan Keuangan RI Perwakilan Lampung.

Baca :   Bulan Depan, DPRD Lampung Evaluasi Dana BOS

BPK RI Perwakilan Lampung mencatat, pada TA 2018 kas di bendahara BOS sejumlah Rp3.867.359.214,96. “Pemeriksaan atas  saldo kas tersebut diketahui bahwa pengelolaan dana BOS pada tingkat satuan pendidikan SMA/SMKN belum memadai,” ungkap BPK RI dalam laporannya.

Dasar belum memadai itu dibedah menjadi tujuh poin. Pada poin yang pertama, BPK RI menemukan masih ada rekening bendahara satuan pendidikan Pemprov Lampung yang belum ditetapkan dengan Keputusan Gubernur.

Baca :   Dinilai Tak Tertib Kelola Dana BOS, Ini Langkah Disdik Pesawaran

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini