oleh

DPRD lamtim Dukung Program Berobat Gratis

radarlampung.co.id-Komisi IV Dewan Perwakilan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur mendukung program yang menyentuh kepentingan rakyat. Antara lain, berobat, ambulan dan akte kelahiran gratis yang akan dilaksanakan Pemkab Lamtim.

Ketua Komisi IV DPRD Lamtim Nanik Hermin Astuti menjelaskan, rencana program berobat, ambulan dan akte kelahiran gratis tersebut telah diusulkan Plt.Bupati Zaiful Bokhari melalui kebijakan umum perubahan APBD dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) perubahan APBD 2019 melalalui rapat paripurna, Senin (8/7) lalu.

Menurutnya, usulan program itu saat ini sedang dalam tahap pembahasan antara badan anggaran (Banang) legislatif dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

“Program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Lampung Timur. Khususnya, bagi masyarakat yang belum masuk dalam data penerima BPJS, maka Komisi IV akan mendukungnya,”jelas Nanik Hermin yang juga anggota Banang legislatif ini, Kamis (11/7).

Lebih lanjut Nanik Hermin menjelaskan, dengan adanya program tersebut diharapkan ke depan tidak lagi masyarakat Lamtim yang tidak mendapatkan layanan kesehatan karena alasan ekonomi. Namun, wakil rakyat dari PKS ini juga berharap, penetapan warga yang berhak mendapatkan layanan kesehatan dan ambulan gratis tersebut harus benar-benar selektif.

“Jangan sampai warga yang mampu ikut memanfaatkan program tersebut. Jadi harus melalui tahap verifikasi dulu agar tepat sasaran,”lanjut Nanik Hermin.

Sementara terkait pemberian akte kelahiran gratis, Nanik Hermin menyatakan program itu dapat diberlakukan bagi seluruh warga Lamtim. Khususnya, bagi bayi yang baru dilahirkan.

Menurutnya, sejak lama pembuatan akte kelahiran bagi bayi yang baru dilahirkan memang gratis. Namun, dengan adanya program jemput bola, maka masyarakat tidak perlu repot lagi mengurus pembuatan akte ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Kami juga siap mendukung program tersebut,”pungkas Nanik Hermin.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur siap meluncurkan program pembuatan akte kelahiran gratis bagi para bayi yang baru dilahirkan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, pembuatan akte kelahiran gratis tersebut dilaksanakan dengan sistem jemput bola.

“Bila ada warga Lamtim yang melahirkan. Maka, pihak Puskesmas, rumah sakit bersalin, bidang akan langsung mengurus proses pembuatan akte kelahirannya,”jelas Zaiful saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan kartu keluarga sejahtera (KKS) di Lapangan Kecamatan Metrokibang, Kamis (4/7) lalu.

Dilanjutkan, dengan adanya program tersebut maka masyarakat Lamtim yang baru melahirkan tidak perlu harus mengurus pembuatan akte kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil.

“Program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam rangka penertiban dan mempermudah proses pembuatan dokumen kependudukan,”lanjutnya.

Lebih lanjut Zaiful menjelaskan, pembuatan akte kelahiran gratis tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan program berobat dan ambulan gratis bagi warga Lamtim yang belum tercover BPJS. (wid/wdi)



Komentar

Rekomendasi