Lampung Raya PEDA-KTNA Diharapkan Jadi Penggerak Pembangunan Pertanian di Tuba

PEDA-KTNA Diharapkan Jadi Penggerak Pembangunan Pertanian di Tuba

25
Pemerintah Daerah lepas kontingen PEDA-KTNA Tulangbawang di Rupatama Kantor Bupati, Kamis (11/7) sore. FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kontingen Tulangbawang untuk Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA – KTNA) XVI tahun 2019 diberangkatkan, Kamis (11/7) sore.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tulangbawang Anthoni melepas para kontingen mewakili Bupati Winarti, di Rupatama Kantor Bupati Tulangbawang. Kontingen Tulangbawang sendiri berkekuatan 25 peserta, dengan 5 pendamping dan 4 panitia.

Anthoni saat membacakan sambutan tertulis Bupati mengungkapkan, event PEDA-KTNA dapat dijadikan ajang promosi Tulangbawang. Mengingat, cukup luasnya wilayah geografis serta memiliki beberapa potensi di bidang perairan dan pertanian yang cukup melimpah, sehingga sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan maksimal.

Baca :   Pemkab Tuba Salat Istisqo

“Saat ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian berkualitas dalam membangun sektor pertanian. KTNA dapat kita jadikan ajang penggerak pembangunan pertanian. Dengan tujuan akhir mampu membantu petani membangun skala usaha berpotensi strategis seperti pelaku usaha dan lainnya,” kata Sekkab membacakan sambutan tertulis Bupati.

Dilanjutkannya, KTNA juga harus menjadi penyalur aspirasi petani dalam keikutsertaan menentukan kebijakan Pemerintah Daerah di bidang pertanian, sehingga dapat mendorong peran aktif petani dan pelaku agribisnis lainnya.

“Karena itu KTNA perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan petani dan masyarakat di Tulangbawang,” ujarnya.

Baca :   Banyak Laporan Penyetruman Ikan, Dinas Perikanan Galakan Patroli Malam

Terakhir, Pemerintah Daerah juga berpesan kepada kontingen PEDA-KTNA Tulangbawang untuk menjadikan ajang ini sebagai pijakan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya masing-masing.

“Sehingga kualitas sumber daya petani terus meningkat dan mampu menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, baik di kawasan regional Tulangbawang, nasional bahkan internasional,” pesannya.

PEDA-KTNA Provinsi Lampung sendiri akan dilaksanakan di Kalianda, Lampung Selatan pada 15-18 Juli 2019. (nal/sur) 


Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini