Lampung Raya Sensus 2020, BPS Gandeng Disdukcapil Lamteng

Sensus 2020, BPS Gandeng Disdukcapil Lamteng

Audiensi perwakilan BPS dengan Bupati Lamteng Loekman Djosoemarto Kamis (11/7). Foto ist

radarlampung.co.id-Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Tengah akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam Sensus Penduduk 2020. Hal ini diungkapkan Kepala BPS Lamteng Solihin saat beraudiensi dengan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto dan Sekkab Adi Erlansyah di Nuwo Balak, Kamis (11/7).

“BPS Lamteng akan menggandeng Disdukcapil untuk menyinkronkan data kependudukan. BPS akan menggunakan metode basis data online dan terjun langsung ke lapangan untuk mencari data penduduk. Tahun ini akan dilakukan pengumpulan data guna mendukung pembangunan nasional,” kata Solihin.

Persiapan Sensus Penduduk 2020, kata Solihin, untuk kali pertamanya menggunakan metode basis data dengan menggandeng Disdukcapil.

Baca :   Hadiri Peda KTNA, Loekman Tegas Dukung Penuh Penuh Pertanian

“Kita gunakan basis data dengan menggandeng Disdukcapil untuk Sensus Penduduk 2020. Dengan data itu, maka data kependudukan akan terus terupdate. Perpindahan dan latar belakang pendidikan warga bisa diketahui. Untuk metode data online, warga hanya tinggal Log-In, mencocokan data dengan NIK, maka akan terupdate.

Kemudian metode langsung, kata Solihin, petugas di lapangan akan menggandeng mulai dari RT hingga camat untuk melakukan sensus. “Petugas juga akan ke lapangan menggandeng RT hingga camat untuk sensu,” ujarnya.

Terkait persiapan Sensus Penduduk 2020, kata Solihin, sudah dimulai di enam kabupaten di Indonesia sejak Maret-Juli 2019. “Sudah dimulai persiapan Sensus Penduduk. Meski begitu, data itu belum bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pemilih pa Pilbup Lamteng,” ungkapnya.

Baca :   Aksinya Tertangkap Kamera, Dua Pembobol Konter Ditangkap

Sedangkan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mendukung penuh langkah yang dilakukan BPS dalam melakukan pencarian data mengenai pertumbuhan penduduk yang ada di Bumi Jurai Siwo. “Kita dukung langkah BPS. Dengan adanya screening yang dilakukan BPS Lamteng diharapkan Pemkab Lamteng bisa mengetahui tingkat kepadatan dalam rangka percepatan pembangunan,” katanya. (rls/sya/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini