Lampung Raya Empat Tiyuh Persiapan Di Tubaba segera Definitif

Empat Tiyuh Persiapan Di Tubaba segera Definitif

radarlampung.co.id-Selangkah lagi, 4 empat dari tujuh tiyuh persiapan hasil pemekaran tiyuh di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada tahun 2016 lalu akan berubah status menjadi tiyuh definitif. Saat ini,  Pemkab Tubaba hanya tinggal menunggu kode desa untuk keempat tiyuh tersebut dari Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan (Ditjen Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang kini sedang dalam proses evaluasi.

Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Tubaba, Somad, SP, didampingi Kasubbag Bina Pemerintahan Tiyuh, Yanto, S.Sos, MM, menyebutkan, tiyuh-tiyuh yang bakal segera definitif yakni Tiyuh Persiapan Gading Kencana, Karta Raya, Kagungan Ratu Agung. Ketiga tiyuh ini berada di wilayah Kecamatan Tulang Bawang Udik.”Satu lagi yakni Tiyuh Persiapan Marga Asri di Kecamatan Tulangbawang Tengah. Sekarang ini masih tahap evaluasi untuk proses penerbitan kode desa oleh Ditjen Adwil Kemendagri,”ungkapnya.

Baca :   Umar Kukuhkan 30 Anggota Paskibra Tubaba

Sementara itu, lanjut Somad, proses pengajuan definitif 3 tiyuh persiapan lainnya yang juga dimekarkan bersamaaan dengan keempat tiyuh tersebut masih di evaluasi oleh Ditjen Adwil Kemendagri. Ketiganya yakni Tiyuh Persiapan Karta Tanjung Selamat (Tulang Bawang Udik), Sido Agung (Way Kenanga), dan Mekar Asri (Tulang Bawang Tengah).

”Evaluasi tersebut menyangkut masalah tapal batas kabupaten mengingat tiga tiyuh persiapan ini berbatasan langsung dengan tiga kabupaten tetangga yakni Lampung Tengah, Lampung Utara, dan Tulang Bawang. Sedangkan, mengenai tapal batas antar kabupaten tersebut saat ini masih sebatas indikatif dan belum ditetapkan dalam Permendagri,”terangnya.

Meski begitu, imbuhnya, penyelesaian masalah tapal batas kabupaten ini akan menjadi program prioritas Kemendagri, sehingga proses definitif tiga tiyuh tersebut tetap berjalan sampai permendagri terkait penetapan tapal batas antar kabupaten itu diterbitkan.”Yang jelas, kita berharap semua tiyuh persiapan dapat definitif,” katanya.

Baca :   Umar Kukuhkan 30 Anggota Paskibra Tubaba

Untuk diketahui, ada tujuh tiyuh yang dibentuk menjadi tiyuh persiapan pada tahun 2016 lalu, tersebar di 3 kecamatan. Yakni, empat tiyuh di Kecamatan Tuba Udik antara lain Tiyuh Persiapan Karta Tanjung Selamat (Pemekaran Tiyuh Karta), Karta Raya (Pemekaran Tiyuh Karta Raharja), Gading Kencana ( Pemekaran Tiyuh Marga Kencana dan Karta Sari), dan Kagungan Ratu Agung (Pemekaran Tiyuh Kagungan Ratu). Kemudian dua tiyuh di Kecamatan Tuba Tengah yakni Tiyuh Persiapan Marga Asri dan Mekar Asri (Pemekaran Kelurahan Mulya Asri), sementara satu tiyuh persiapan ada di Kecamatan Way Kenanga, yaitu Sido Agung (Pemekaran Tiyuh Agung Jaya Kecamatan Way Kenanga dan Gunung Agung Kecamatan  Gunung Terang). (fei/rnn/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini