Bandarlampung Tak Bisa Curang, 200 Timbangan Pedagang Pasar Tugu Diuji Tera

Tak Bisa Curang, 200 Timbangan Pedagang Pasar Tugu Diuji Tera

Petugas Disdag Bandarlampung saat mentera timbangan pedagang di Pasar Tugu, Senin (15/7). FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jemput bola, Dinas Perdagangan (Disdag) Bandarlampung melakukan uji tera timbangan di Pasar Tugu, Senin (15/7). Uji tera dilakukan ke timbangan milik 200 pedagang di pasar setempat.

Tera tersebut dipimpin langsung Kepala Disdag Bandarlampung Adiansyah, bersama sembilan petugas dari dinas tersebut. Tera di Pasar Tugu dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

“Hari ini kita tera di Pasar Tugu, ini kita lakukan tidak lain untuk memudahkan pedagang agar tidak repot bawa timbangan ke kantor Disdag, sehingga pedagang juga masih bisa berdagang,” ujar Adiansyah, di lokasi.

Adian mengharapkan semua pedagang mentera timbangannya. “Apabila masih ada yang terlewatkan bisa datang ke kantor Disdag. Di Pasar Tugu sendiri kita akan lakukan tera selama tiga hari ini,” ucapnya.

Ditanya mengenai temuan, menurut Adian baru sekadar timbangan rusak. Pihaknya pun telah menyiapkan bengkel timbangan. “Kalau ada yang rusak dan masih bisa disesuaikan kita suruh bengkel yang memperbaiki,” ucapnya.

Namun, jika tidak dapat diperbaiki lagi akan ditarik oleh Disdag. “Timbangan yang kita periksa semuannya mulai timbangan emas, daging, dan lainnya. Kalau yang lolos tera kita kasih tanda dan cap yang berlaku selama satu tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya, Disdag pun akan melakukan tera di Pasar Wayhalim. “Harapannya dengan ditera apabila ada yang curang akan ketahuan, baik disengaja atau tidak. Akan kita lakukan imbauan, dengan ditera jika ada yang tidak akurat langsung kita kembalikan ke setandar lagi,” ucapnya. (pip/sur) 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini