oleh

Dialog Lintas Agama FKUB Mesuji, Kapolres Ajak Bijak Bermedsos

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo memberikan materi pada acara dialog lintas agama tingkat Kabupaten Mesuji di Aula MTs Simpang Pematang, Selasa (16/7). Dialog dilaksanakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tingkat Mesuji.

Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo pada acara tersebut menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada FKUB yang menggelar dialog lintas agama.

Dirinya sekaligus mengajak tokoh agama senantiasa membina toleransi antar umat beragama di Mesuji, serta bijak bermedia sosial dengan tidak menjadi penyebar hoax, ujaran kebencian, isu Sara, dan provokasi.

Melalui dialog lintas agama ini ia berpesan agar masyarakat, khsusunya masyarakat Mesuji lebih berhati-hati menanggapi isu hoax yang beredar di media sosial dan lainnya. Jagan mudah percaya degan berita-berita hoax sebelum menemukan kejelasan sumbernya dan bijak dalam bermedsos.

“Mari kita pahami sesuai akidah dan pemahaman kita dan mari kita hindari isu hoax dan radikalisme, yang dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama,” ajaknya.

Sementara Kakanwil Provinsi Lampung H. Suhaili yang membuka kegiatan dialog menyampaikan materi dialog tentang “Moderasi Agama” yang menjadi prioritas utama pada pembahasan dialog lintas agama. Hal itu juga sebagaimana intruksi Presiden RI Joko Widodo, bahwa semua unsur baik masyarakat, TNI, dan Polri selalu rukun demi menjaga kedaulatan masyarakat dan negara melalui dialog lintas agama.

Menurutnya, masyarakat dan negara akan sejahtera apabila masyarakatnya taat beragama, karena agama adalah unsur mutlak pada setiap kehidupan. Pada dasarnya, kata dia, agama tidak mengajarkan membenci perbedaan, namun oknum tertentu yang menganggap itu suatu perbedaan.

“Melalui dialog lintas agama ini, mari kita bersama sama memahami dan menghargai perbedaan. Namun tetap merajut persaudaraan dan silaturahmi,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, Kakanwil Provinsi Lampung H. Suhaili, Kamenag Mesuji Hi.Sanusi, Staf Ahli Pemerintahan Hamdani, serta Ketua MUI Mesuji Hi. Chusni Fadhil. (muk/sur)



Komentar

Rekomendasi