Pendidikan Ikut IYSIE 2019, SMP Lazuardi Haura GIS Sabet Empat Medali

Ikut IYSIE 2019, SMP Lazuardi Haura GIS Sabet Empat Medali

Pendamping dan peserta IYSIE dari SMP Lazuardi Haura berfoto bersama. Foto SMP Lazuardi Haura

radarlampung.co.id- SMP Lazuardi Haura GIS meraih dua medali perak, dan dua medali perunggu dalam International Young Scientist Innovation Exhibition (IYSIE) 2019 yang diselenggarakan oleh Malaysia Young Scientist Organization pada 8 hingga 12 Juli lalu.

Penelitian yang dilakukan SMP Lazuardi Haura GIS berjudul Effectiveness of Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) in the Form of Testing Paper to Detect Borax in Food yang dipresentasikan oleh M Javad lazuardi Riadh, Syafa Chalisa Putri, M Ridho PT, Khaisa Humaira dan Aulia larasati, dan penelitian kedua membawa tema “Making Bioplastic From Cornstarch without Chitosan”.

Pendamping tim, Shita Dharmasari mengatakan, persiapan dilakukan lurang lebih selama tiga bulan. Dari persiapan penelitian, presentasi serta produk prototipe dikerjakan dengan bimbingan guru Shita Dharmasari, Nia Marleni dan Dwi Rahmawati yang dilakukan di laboratorium SMP lazuardi haura GIS dan laboratorium UNILA fakultas pertanian.

“Di saat siswa lainnya berlibur, anak-anak ini semangat mempersiapkan penelitiannya di sekolah, dan menjadi pengalaman yang berharga bagi anak-anak,”katanya, Selasa (16/7).

Lanjutnya, selaras dengan motto Lazuardi “Learning Is Journey not a Race”, Lazuardians memaknai setiap proses belajar sebagai pengalaman menyenangkan, perjalanan yang penuh hikmah dan kontribusi bagi sesama.

“Hal ini juga menumbuhkan sikap percaya diri pada setiap siswa, sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki dan dapat berkontribusi untuk lingkungan disekitarnya,” tandasnya.

Pada ajang lomba IYSIE 2019 kali ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari negara-negara Indonesia, Malaysia, Singapore, Iran, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Guam, India dan Vietnam. (rls/rur/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini