Pilkada Pilbup Lamtim 2020, PDIP Siap Koalisi

Pilbup Lamtim 2020, PDIP Siap Koalisi

Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif. Foto Dwi P/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Lampung Timur mulai mempersiapkan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Lampung Timur Ali Johan Arif menjelaskan, pada Pemilu serentak yang digelar 17 April 2019 lalu, untuk pemilihan anggota DPRD setempat PDIP meraih 106.674 suara. Dari perolehan suara itu, PDIP berhasil mendapat 9 kadernya di DPRD Lamtim atau 18 persen dari total kursi yang ada.

Dibanding partai politik lainnya, perolehan kursi PDIP di DPRD Lamtim merupakan paling banyak. “Hasil Pemilu serentak itu merupakan salah satu modal, PDIP untuk Pilkada serentak tahun depan,”jelas Ali Johan Arif Selasa (16/7).

Baca :   Sang Bupati Cium Tangan Veteran

Dilanjutkan, sesuai arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri, untuk menghadapi Pilkada serentak 2020 mendatang harus mengacu pada petunjuk tekhnis dan petunjuk pelaksanaan yang telah ditetapkan partai.

Antara lain, membuka peluang semua pihak, baik itu kader internal, eksternal, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Itu termasuk incumben yang ingin mencalonkan diri melalui PDIP. Begitu juga arah koalisi, PDIP juga terbuka terhadap partai politik lain. “Sepanjang memiliki visi dan misi dan kepentingan yang sama, PDIP siap berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon,”lanjut Ali Johan.

Baca :   DPRD Lamtim Siapkan Pelantikan Aleg Terpilih

Lebih lanjut Ali Johan menjelaskan, guna persiapan Pilkada 2020, saat ini PDIP masih melakukan konsolodasi organisasi. Terutama menjelang kongres yang akan digelar di Bali 8 – 11 Agustus 2019 mendatang.

Menurutnya, Kongres dipercepat untuk menyesuaikan jalannya roda pemerintahan. Antara lain, pelantikan anggota DPRD Kabupaten/Kota pada 19 Agustus 2019, Anggota DPRD Provinsi 1 September 2019 dan pelantikan anggota DPRRI 1 Oktober 2019. “Targetnya, sebelum pelantikan anggota DPR dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota dilaksanakan, PDIP sudah menyelesaikan Kongres,”imbuh Ali Johan. (wid/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini