Berita Utama Ratusan PNS Jadi Pasien Rawat Jalan di RSJ

Ratusan PNS Jadi Pasien Rawat Jalan di RSJ

Suasana pendaftaran pasien di Rumah Sakit Jiwa Lampung, Selasa (16/7). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID
Suasana pendaftaran pasien di Rumah Sakit Jiwa Lampung, Selasa (16/7). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Jumlah pasien PNS rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung pada 2019 meningkat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Sejak Januari hingga April 2019, tercatat 523 pasien rawat jalan di RSJ Lampung. Sementara periode sama tahun sebelumnya, ads 474 kunjungan pasien.

Humas RSJ Lampung David mengatakan, kenaikan tersebut bisa dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya kesadaran masyarakat akan kejiwaan sudah semakin tinggi.

“Faktor kesadaran keluarga untuk berobat meningkat. Kedua, memang bisa jadi jadwal kunjungan (pasien rawat jalan). Biasanya untuk pasien BPJS Kesehatan, kunjungan berobat jalan satu bulan sekali,” kata David ditemui Radarlampung.co.id, Selasa (16/7).

Dilanjutkan profesi lain yang juga ikut naik adalah karyawan swasta dan buruh. Mereka memang menggunakan rawat jalan berdasar diagnosa dokter dan melihat kapsitas rumah sakit yang hanya bisa menampung pasien gangguan jiwa hingga 110 orang.

“Kalau melihat angka tersebut, memang naik dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya PNS, ada juga profesi lain. Yakni karyawan swasta,TNI dan Polri. Untuk yang rawat inap, kondisinya memang cukup membahayakan,” urainya.

Lebih lanjut David mengungkapkan, untuk pasien tidak bekerja mencapai 9.047 orang. Sementara tahun 2018 tercatat 8.641 kunjungan pasien. (mel/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini