Lampung Raya Tingkatkan Minat Baca, Bupati Lamteng Siap Terbitkan SE dan Pasang WiFi

Tingkatkan Minat Baca, Bupati Lamteng Siap Terbitkan SE dan Pasang WiFi

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto saat menerima audiensi dengan jajaran Paguyuban Jurnalistik Lamteng dan siswa SMA/SMK, Selasa (16/7). Foto Syaiful Mahrum/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Untuk membangkitkan minat baca dan menghidupkan Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Lampung Tengah, Bupati Loekman Djoyosoemarto akan mengeluarkan surat edaran (SE). Dalam SE itu Loekman meminta sekolah bergilir mengirim siswa ke Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Lamteng.

Loekman menyatakan Pemkab Lamteng telah memiliki Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah di Kelurahan Seputihjaya, Kecamatan Gunungsugih. “Kita sudah punya gedung perpustakaan. Tapi, saya juga heran kenapa tak ada yang berminat. Terutama kepada siswa-siswi di Lamteng,” katanya saat menerima silaturahmi Paguyuban Jurnalistik Lamteng bersama siswa SMA/SMK di kediaman pribadi, Omah Beguai Jejamo Wawai Terbanggibesar, Selasa (16/7).

Baca :   Satu Lagi Perampok di Jalan Tol Ditangkap, Lainnya, Tunggu Saja!

Sedangkan mobil perpustakaan keliling, kata Loekman, pemerintah daerah hanya punya satu. “Kalau mobil perpustakaan keliling hanya satu. Nanti kita akan jadwalkan datang ke setiap sekolah guna membangkitkan minat baca siswa,” ungkapnya.

Sekolah-sekolah yang ingin melengkapi buku bacaan di perpustakaanya, kata Loekman, bisa berkirim surat ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamteng. “Kirimkan saja surat ke Disdikbud. Nanti kita bantu. SMA/SMK/SMEA/MA yang bukan kewenangan kita juga bisa kita bantu usulkan ke pusat,” ujarnya.

Tidak hanya itu. Loekman berencana memasang Wifi di tempat-tempat khusus yang jadi konsentrasi pendidikan. “Rencana saya mau pasang Wifi di tempat konsentrasi pendidikan. Nanti bisa dimanfaatkan siswa untuk mengakses wawasan melalui jaringan internet. Tapi, harapan saya jangan dipakai untuk mengakses hal yang negatif,” katanya.

Baca :   Satu Lagi Perampok di Jalan Tol Ditangkap, Lainnya, Tunggu Saja!

Terkait masukan beasiswa untuk sekolah tingkat atas, kata Loekman, Pemkab Lamteng tak punya wewenang. “Kita nggak punya kewenangan. Kalau kita berikan bisa jadi temuan BPK karena melanggar aturan. Tapi, kalau siswa berprestasi bisa kita bantu mengeksposenya. Ini karena telah mengharumkan nama daerah,” ungkapnya. (sya/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini