Pendidikan 607 Mahasiswa Unimal Lampung KKL-PPM di 10 Desa Kabupaten Pesawaran

607 Mahasiswa Unimal Lampung KKL-PPM di 10 Desa Kabupaten Pesawaran

Serahterima mahasiswa KKL-PPM oleh Rektor Universitas Malahayati Lampung Dr. M. Kadafi kepada Bupati Pesawaran Hi. Dendy Romadhona, Kamis (18/7). Foto Foto Anggi Rhaisa/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Sebanyak 607 mahasiswa Universitas Malahayati (Unimal) Lampung dari Lima Fakultas melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)-Pembelajaran dan Pemberdayaan kepada Masyarakat (PPM) selama sebulan.

Kegiatan yang berlangsung 18 Juli-18 Agustus 2019 berlangsung di 10 Desa se-Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran.

Adapun 10 Desa tersebut di antaranya, Palangmulia, Tanjungagung, Muncak, Sukajaya, Lempasing, Sidodadi, Hanura, Cilimus, Gebang, dan Batumenyan. Dimana 1 Desa 2 kelompok. Yakni 60 orang dengan 30 orang setiap kelompok dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan.

Serahterima mahasiswa KKL-PPM langsung oleh Rektor  Universitas Malahayati Dr. M. Kadafi kepada Bupati Pesawaran Hi. Dendy Romadhona Kusnadi, SE, M.Si.

Kusnadi menjelaskan bahwa KKL-PPM beda dengan KKN. “Konsep PPM melihat dari potensi daerah. Misalnya bidang perekonomian pertanian (cokelat), kerajinan laut dan lainnya,” ujarnya.

Di mana, lanjutnya, mahasiswa mengarahkan dan memberikan ide inovasi disampaikan ke masyarakat guna meningkatkan perekonomian dan kesejahtraan masyarakat sehingga mereka mandiri dan sejahtera. 

“Output kegiatan yakni nantinya mahasiswa akan membuat resume hasil KKL-PPM sebagai dasar pengambil kebijakan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendy Ramadhona menyambut baik pelaksanaan mahasiswa KKL-PPM Unimal Lampung. “Saya berharap mahasiswa bisa memberikan solusi problema di masyarakat. Ini bukan hanya formalitas syarat lulus tapi jadikan ini sebagai amal jariyah dengan cara berkontribusi kepada masyarakat dengan menghasil ide inovasi untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (gie/kyd)

Baca :   Bangga, Lulusan Universitas Malahayati Raih Prestasi Tingkat Nasional

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini