Bandarlampung Ditera, 67 Timbangan di Pasar Tugu Ketahuan Rusak

Ditera, 67 Timbangan di Pasar Tugu Ketahuan Rusak

Petugas Disdag Bandarlampung saat mentera timbangan pedagang di Pasar Tugu, Senin (15/7). FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Perdagangan (Disdag) Bandarlampung telah menyelesaikan tera timbangan di Pasar Tugu. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ini. Total ditemukan 67 timbangan yang diberi catatan untuk diperbaiki.

Didapati, dari data wajib tera sebanyak 218 timbangan, ada 195 yang mengikuti tera, dengan rincian timbangan elektronik sebanyak 20 unit, timbangan mekanik 170 unit, neraca dua unit, dan takaran basah tiga unit.

Ternyata, ada saja pedagang yang “kabur” dari uji tera timbangan. Adiansyah selaku Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bandarlampung menerangkan, setelah melakukan tera selama tiga hari di Pasar Tugu ada 23 timbangan yang tidak mengikuti tera.

Baca :   Target Tahun Depan, Pringsewu Miliki Unit Metrologi

“Data kita kan yang wajib tera ada 218 timbangan, yang ikut ada 195 timbangan, jadi 23 timbangan yang belum tera, kita minta segera mengikuti tera dengan mendatangi kantor Disdag,” ungkapnya kepada Radarlampung.co.id, Rabu (17/7).

Dari tera tersebut, Adian mengatakan ada 67 timbangan yang rusak dan diperbaiki ke bengkel yang telah disiapkan oleh Disdag. “Rusaknya banyak di timbangan mekanik, yang mana jarum segitiganya sering tumpul yang harusnya lancip, terus anak timbangan yang beratnya gak pas,” ucapnya.

“Pedagang nanti akan kembali menerima timbangannya dalam keadaan standar kita setelah diperbaiki,” ucapnya.

Baca :   Disdag Tera Timbangan, Puluhan Pedagang (Masih) Pilih Kabur

Dari 67 timbang bermasalah rata-rata timbangan mekanik yang dipakai oleh pedagang sayuran, buah, cabe, dan lainnya. “Kerusakan itu rata-rata bukan disengaja oleh pedagang, jadi dengan ditera pedagang akan tahu dan sama-sama enak,” ucapnya.

Pada Senin (22/7) mendatang Disdag kembali akan melakukan tera timbangan selama tiga hari di Pasar Way Halim. “Sudah kita data ada 116 timbangan yang akan kita tera di pasar, waktunya juga sama, selama tiga hari, agar tidak ada kecurangan atau yang merasa dirugikan dengan tera timbangan para pedagang,” ucapnya. (pip/sur) 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini