Pendidikan UTB Ambil Langkah Ini untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

UTB Ambil Langkah Ini untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Rektor Universitas Tulang Bawang menandatangani deklarasi komitmen mutu. Foto Humas UTB

radarlampung.co.id- Untuk meningkatkan kualitas mutu dari institusi, Universitas Tulang Bawang mendeklarasikan komitmen mutu dan sosialisasi penjamin mutu internal, Kamis (18/7).

Rektor Universitas Tulang Bawang Dr. Agus Mardihartono mengatakan, sistem penjaminan mutu dibagi dua macam. Yakni sistem penjaminan mutu internal dan eksternal. Dimana, sistem penjaminan mutu internal, institusi berkewenangan untuk membuat dan mempersiapkan standar yang ditentukan untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

“Jadi ini berkaitan dengan akreditasi masing-masing program studi. Kalau SPM ini bisa berjalan dengan baik, akreditasi prodi-prodi ini juga akreditasinya juga baik,”kata Agus di ruangannya, Kamis (18/7).

Dikatakannya, pihaknya sudah membentuk tim yang terdiri dari seluruh civitas akademisi di UTB. Dimana, tim ini nantinya akan bergerak untuk merumuskan standar mutu yang akan dijalankan oleh seluruh prodi.

“Misalkan sudah menentukan standar mutu ini begini, nanti akan disesuaikan dengan keinginan pasar (masyarakat, red) sesuai atau tidak. Kalau kurang sesuai, berarti akan dilakukan perubahan, jika sesuai akan dijalankan bahkan ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Wakil Rektor IV UTB Dr. Iwan Dulmansyah mengungkapkan, ada dua jenis sistem penjamin mutu yang akan dijalankan di UTB. Yakni SPM akademik, dan non akademik. SPM akademik merancang standar yang berkaitan dengan sumber daya manusia, standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian masyarakat.

“Untuk pengawasan akademik, misalkan membuat standar mulai dari standar dosen, bagaimana kualifikasi dosen itu,kemudian standar penelitian itu sekitar 8, lalu standar pengabdian masyarakat. Jadi nanti prodi ini melaksanakan tidak standar yang telah ditentukan,”katanya.

Kemudian, lanjutnya, penjamin non akademik yang meliputi pengawasan aset, keuangan, sarana prasarana, perencanaan, dan lainnya.

“Nanti kita akan melakukan evaluasi, dan juga untuk keuangan kita juga akan melakukan audit secara berkala. Sehingga, jika pengawasan eksternal datang, tim internal ini sudah siap,” ujarnya. (rur/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini