oleh

Kaji Pola Penanganan Sampah di Pasar Kotaagung

radarlampung.co.id – Sistem penanganan sampah di Pasar Kotaagung, Tanggamus akan dievaluasi. Langkah ini menindaklanjuti instruksi Sekretaris Kabupaten Hamid Heriansyah Lubis saat meninjau pasar belum lama ini.

Menurut Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain, yang perlu dilakukan saat ini adalah evaluasi sistem. Semua harus berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Mulai dari satuan operasi kebersihan lingkungan (Sokli), satuan pelaksana (Satlak) pasar, hingga pihak lain yang terlibat langsung dengan penanganan kebersihan Pasar Kotaagung.

Baca :   Tanamkan Budaya Bersih lewat Lomba Senam 3S

“Memang ini perlu waktu. Tetapi dengan evaluasi sistem, akan menumbuhkan kesadaran bersama. Semua melakukan tugas sesuai dengan fungsinya. Secara perlahan persoalan sampah ini akan bisa teratasi dan lebih ringan,” tegas Syarif.

Upaya lain untuk mengatasi persoalan sampah, pihak kecamatan akan memetakan teknis yang harus dipertegas. Kemudian monitoring secara langsung dan lisan. Itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat.

“Tong sampah ditempatkan di sekitar Pasar Kotaagung. Tetapi masih kita temukan sampah di selokan pasar yang dibuang sembarangan. Artinya masyarakat harus diberi penyadaran,” tandasnya.

Baca :   Pertama, BPRS Lambar Buka Kantor Kas di Waytenong

Syarif juga mengharapkan Satlak pasar terus mengimbau masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Sejauh ini, memang langkah yang diambil masih persuasif. Belum ada tindakan tegas untuk pembuangan sampah sembarangan.

“Ada orang ditunjuk untuk menghimbau, jika ada yang membuang sampah sembarangan. Memang perlu waktu (memberikan kesadaran). Sebab masih ada warga yang ngeyel. Perlu kerjasama dengan semua pihak,” tandasnya. (iqb/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi