Berita Utama Lamtim Siapkan Launching Program Kartu Indentitas Anak

Lamtim Siapkan Launching Program Kartu Indentitas Anak

Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari saat diwawancara wartawan di depan ruang Abung, Balai Keratun Setprov Lampung, Kamis (18/7). Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersiap meluncurkan program pembuatan kartu identitas anak (KIA).

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, program pembuatan KIA merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Menurutnya, sesuai peraturan tersebut seharusnya penerbitan KIA memang dimulai tahun 2016 lalu.

Namun, untuk Provinsi Lampung sebagai tahap awal, baru dilaksanakan di sejumlah daerah sebagai percontohan. Sedangkan, untuk Kabupaten Lampung Timur, program pembuatan KIA rencananya akan diluncurkan tahun ini. Program pembuatan KIA tersebut akan  diberlakukan bagi anak usia 0 hingga 17 tahun.  “Selain sebagai pengenal juga dapat menjadikan anak dapat mengakses pelayanan publik secara mandiri,”jelasnya.

Baca :   Zaiful Jadi Inspektur Upacara, Ali Johan Baca Teks Proklamasi

Ditambahkan, tahun ini Pemkab Lamtim juga meluncurkan program pembuatan akta kelahiran gratis dengan sistem jemput bola untuk bayi yang baru dilahirkan. Rencana itu juga akan dibarengkan dengan program pengobatan dan ambulan gratis bagi masyarakat yang belum terkaver BPJS. “Targetnya, di seluruh Puskesmas ada 1 satu ambulan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis,”imbuh Zaiful. (wid/wdi)

Baca :   Zaiful: Panitia Pilkades Harus Profesional dan Netral!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini