oleh

Senin, KPU Lamtim Tetapkan Caleg Terpilih

radarlampung.co.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur berencana menggelar rapat pleno penetapan hasil pemilihan anggota legislatif, Senin (22/7).

Komisioner KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan, semula penetapan hasil Pemilu serentak diprediksi dapat dilaksanakan pada akhir Mei 2019.

Namun,  ada salah satu calon anggota legislatif  yang mengajukan gugatan persidangan perselisihan hasil pemilu (PHPU) terhadap hasil Pemilu di Lamtim. Yakni, dari calon anggota legislatif Partai Demokrat untuk Dapil 2 DPRD Provinsi Lampung. Sementara, untuk hasil pemilu legislatif (Pileg) untuk DPRD Kabupaten tidak gugatan PHPU ke MK. Namun,  dengan adanya gugatan untuk Pileg DPRD Provinsi,  maka penetapan hasil Pemilu di Lamtim tetap harus menunggu putusan MK.

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan jadwal, MK akan menggelar sidang putusan sela, Senin (22/7) pagi.  Pihaknya optimis pada sidang itu MK akan memutuskan untuk tidak melanjutkan PHPU. Sebab, pada materi gugatannya yang dipermasalahkan adalah selisih suara di internal partai.

Baca :   Jalin Silaturahmi, Kapolres Lamtim Kunjungi Warga Jabung

“Biasanya, bila materi gugatannya terkait selisih suara di internal partai, maka putusan MK memerintahkan untuk diselesaikan melalui mahkamah partai,”jelas Wasiat Jarwo mewakili Ketua Komisioner KPU Lamtim Andri Oktavia, Minggu (21/7).

Ditambahkan, MK memutuskan tidak melanjutkan sidang, maka KPU Lamtim akan menggelar rapat pleno penetapan calong anggota DPRD Lamtim terpilih,  Senin (22/7) siang. ”Bila MK memutuskan melanjutkan sidang, maka rapat pleno harus menunggu putusan akhir atas PHPU yang diajukan  penggugat,”imbuh Wasiat Jarwo.

Baca :   KPU Pringsewu Siapkan Tiga Agenda

Diketahui, berdasarkan hasil tungsura tingkat kabupaten yang dilaksanakan KPU Lamtim mulai 30 April hingga 5 Mei 2019. Kemudian, tungsura ulang untuk PPK Batangharinuban dan Raman Utara pada 9 hingga 10 Mei 2019. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil meraih suara terbanyak pada Pemilu untuk DPRD Kabupaten Lampung Timur,  yakni 106.674 suara.

Dengan perolehan suara tersebut, PDIP diprediksi mendapatkan 9 kursi di DPRD Lamtim. Urutan berikutnya, PKB 97.812 suara (8 kursi), NasDem 68.070 suara (8 kursi), Demokrat 64.489 suara (6 kursi), Gerindra 62.504 suara (6 kursi), Golkar 53.260 suara (7 kursi), PKS 51.422 suara (5 kursi) dan PAN 26.244 suara (1 kursi). (wid/wdi)



Komentar

Rekomendasi