oleh

HUT ke-25, AJI Bandarlampung Gelar Pelatihan Cek Fakta

radarlampung.co.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung akan mengadakan pelatihan ihwal Hoax Busting and Digital Hygiene-Google News Initiative. Rencananya, training tersebut berlangsung di Rumah Belajar, Jalan Palapa 10D Nomor 7, Bandarlampung, Kamis (25/7).

“Pelatihan ini merupakan rangkaian Milad ke-25 AJI. Peserta merupakan jurnalis dan terbuka untuk pers kampus,” kata Faiza Ukhti Annisa, Ketua Pelaksana HUT ke-25 AJI melalui siaran persnya, Selasa (23/7).

Dia mengatakan, fokus dari training tersebut adalah mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah tools online guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang terindikasi hoax (kabar bohong). Kemudian, melakukan pengecekan kebenaran rumor yang beredar di dunia maya.

Peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data. Selain itu, beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online. Melalui pelatihan itu peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat dalam kerja-kerja jurnalistiknya.

“Pelatihan akan diisi dua trainer tersertifikasi Google yaitu Sekretaris AJI Bandar Lampung Dian Wahyu Kusuma dan Fahrur Rozi dari AJI Pekanbaru. Bagi yang tertarik mengikuti pelatihan ini mohon registrasi diri melalui http://bit.ly/trainingGNI2019,” ujarnya. (dna/kyd)



Komentar

Rekomendasi