oleh

Sehatkan Masyarakat, Pemkab Pringsewu Komitmen Bangun IPAL Komunal

radarlampung.co.id – Pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal diharapkan membuat masyarakat Pringsewu lebih sehat. Hal ini disampaikan Bupati Sujadi saat membuka sosialisasi peningkatan kapasitas kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) Program Sanimas di aula Hotel Regency Pringsewu, Senin (29/7).

”Kita ingin menuju kabupaten sehat. Untuk mencapai tujuan itu, pemkab berkomitmen dengan terus melakukan pembangunan IPAL komunal,” tegas Sujadi.

Konsistensi dukungan warga terbukti dari dihibahkannya tanah untuk pembangunan IPAL komunal. “Saya minta jangan dikurangi besi atau panjang. Karena akan berpengaruh pada bangunannya. Jadi, tidak boleh main-main dengan proyek itu. pelaksanannya akan diawasi,” sebut dia.

Dilanjutkan, di atas lokasi IPAL bisa digunakan untuk fasilitas lain. Misalnya pembangunan PAUD atau KUBE. Bisa juga dijadikan taman bermain. ”Dengan begitu, bisa dikelola BUMDes dan menjadi salah satu wisata desa,” urainya.

Baca :   Elemen Masyarakat Bantu APD

Sementara Kabid Cipta Karya Ahmad mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pringsewu Andi Purwanto mengatakan, Sanimas merupakan program pembangunan di bidang sanitasi dengan menggunakan konsep berbasis masyarakat.

Tujuannya meningkatkan kualitas lingkungan permukiman dan derajat kesehatan masyarakat demi mencapai kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi. “Program yang ada di Dinas PUPR Pringsewu untuk menuntaskan permasalahan sanitasi adalah Sanimas reguler dan Sanimas ISDB yang didanai Islamic Development Bank (IDB) melalui APBN serta DAK bidang sanitasi yang dialokasikan oleh APBD Pringsewu,” kata Ahmad.

Baca :   HUT Pringsewu Di Antara Wabah Corona, Semoga Menjadi Semangat Pemersatu

Dilanjutkan, dari program-program tersebut, pemberdayaan masyarakat menjadi kunci utama pembangunan sanitasi yang ada di Pringsewu. Program ini diawali pada 2014 dan berlangsung sampai saat ini.

Pringsewu sudah memiliki 63 unit SPALD-T atau IPAL komunal jaringan perpipaan. Sarana prasarana tersebut telah melayani sekitar 3.465 sambungan rumah atau sekitar 17.325 jiwa.

“Sampai saat ini, Dinas PUPR terus aktif berkontribusi memberikan pelayanan pemenuhan kebutuhan akses sanitasi secara kepemilikan bagi masyarakat serta melakukan pembinaan dan fasilitasi untuk pengelolaan air limbah domestilk,” tukasnya. (mul/sag/ais)

Komentar

Rekomendasi