oleh

Pj. Sekprov Lampung : Maksimalkan Layanan PTSP !

radarlampung.co.id –  Pemprov Lampung menargetkan peningkatan penanaman modal di berbagai sektor tahun ini baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Meskipun tidak mematok peningkatan investasi di kedua sektor tersebut,  Pj. Sekprov Lampung Fahrizal Darminto menekankan kepada Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Lampung untuk melakukan terobosan-terobosan. Salahsatunya mengoptimalkan pelayanan PTSP Pima.

“Hari ini kita kumpulkan Kepala Dinas Perizinan se Lampung untuk supervisi pendampingan PSTP. Sebab perizinan merupakan ujung tombak menjemput investasi, ” ujarnya,  di Hotel Novotel Lampung,  Selasa (30/7).

Fahrizal melanjutkan,  rakor dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana melakukan proses perizinan yang cepat dan prima,  dengan tidak mengesampingkan regulasi yang berlaku.  “Percepatan perizinan sesuai dengan visi-misi pak Gubernur. Agar rakyat lampung berjaya,  maka masyarakatnya harus sejahtera,  pendapatan ekonomi tinggi dan harus tumbuh, ” tegasnya.

Baca :   Kunker Ketua DPD RI, Arinal Beber Potensi Lampung

Namun,  yang terprnting juga adalah bukan hanya pendapatan secara nilai saja. Akan tetapi,  bagaimana investasi yang masuk ke Lampung,  bisa menkerek dan menyerap tenaga kerja di Lampung. “Memang target secara nilai harus meningkatm selain target nilai,  harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan,  menciptakan nilai tambah,  muaranya kepada pengurangan pengangguran,  dan mengurangi angka kemiskinan, ” kata dia.

Diketahui Realisasi Investasi Lampung tahun 2018 mencapai Rp14.068 triliun. Jumlah tersebut berupa 207, 16 persen dari target Rp6, 8 triliun. Rinciannya,  PMDN sebesar Rp12, 314 triliun. Sementara,  PMA sebesar Rp1, 772 triliun.

Dimana untuk PMDN triwulan I sebesar Rp560, 2 miliar,  triwulan II Rp358 miliar,  triwulan III Rp3, 383 triliun,  triwulan IV Rp8, 013 triliun. Sementara rincian PMA,  untuk triwulan I Rp397, 176 miliar,  Triwulan II 507, 86 miliar,  Triwulan III Rp432, 8 miliar,  dan Triwulan IV  Rp434, 16 miliar.

Baca :   Pencairan DBH Triwulan III 2019 Menunggu Teken Gubernur

Sementara,  Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Lampung,  Fauziah mengatakan upaya penyamaan persepsi PTSP Prima sudah dilakukan. Tidak hanya kepada kepala dinas PTSP seluruh Lampung saja akan tetapi sudah dilakukan juga bersama kepala daerahnya langsung.

“Intinya apa yang sudah disampaikan pak Sekda tadi. Kita hanya mengikuti,  sebab hal ini juga termasuk visi-misi pak gubernur. Tentu kita dukung dan rakor ini salahsatu upaya kita mengejar target-target yang diberikan, ” kata dia. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi