oleh

DPRD Lampung Panggil Tiga Perusahaan Importir Kopi

radarlampung.co.id – DPRD Lampung akan memanggil tiga perusahaan importir kopi untuk meminta kejelasan tentang alasan melakukan impor. Padahal Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Sekretaris Komisi II DPRD Lampung Joko Santoso menyatakan, minggu depan pihaknya akan memanggil ketiga perusahaan importir kopi, PT Indra Brothers yang mengimpor kopi dari Vietnam, PT Sarimakmur Tunggal Mandiri (Vietnam) dan PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya (Korea Selatan).

”Terkait ini Insya Allah kami akan panggil perusahaan importirnya, AEKI (Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia), asosiasi, Dinas Perdagangan. Ya pemanggilan ini untuk meminta keterangan alasan dan peruntukannya, sejak kapan,” kata Joko yang ditemui di ruangannya, Rabu (31/7).

Menurut Joko, Pemprov Lampung memang tidak memiliki kewenangan terkait impor, karena seluruh kewenangannya berada di Kementrian Perdagangan. Namun, Pemerintah Provinsi bisa mengirimkan surat keberatan soal impor kopi ke Lampung. Dengan alasan Lampung ini daerah produksi Kopi.

”Karena yang kita takutkan kalau kopi masuk ke Lampung dengan jumlah besar,!takutnya nanti di oplos dan bisa di ekspor dengan nama kopi Lampung. Nah jangan sampai ini terjadi. kalau terjadi seluruh petani di Lampung dirugikan. Karena itu pemerintah provinsi harus agresif dan bentuk tim menyelidiki sejauh mana ini terjadi dan peruntukannya untuk apa,” tandasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi